Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyampaikan Pra Musrenbang yang mengambil tema "Penguatan Konektivitas Antar Pusat Pertumbuhan Wilayah, Kompentensi SDM Unggul dan Akselerasi Pusat Ekonomi Produktif" harus menyerap aspirasi pembangunan yang datang dari bawah.

Gubernur menyampaikan hal itu di Gedung DPRD Langkat, Rabu, yang juga dihadiri 12 bupati dan wali Kota se wilayah Pantai Timur.

Baca juga: Masyarakat dan Pemuda Pangkalan Brandan Langkat minta kilang minyak dihidupkan kembali

Edy Rahmayadi menyampaikan Pra Musrenbang Wilayah Pantai Timur tahun 2020 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sumut tahun 2021, dan diharapkan Pra Musrenbang ini mampu melahirkan program-program yang bermanfaat untuk rakyat.

Baca juga: MTQ ke-53 Langkat diikuti 23 kecamatan

Ia menjelaskan dalam waktu satu bulan kedepan para bupati dan wali kota dapat memerintahkan para kadis untuk menyerap aspirasi dari bawah agar dapat menjadi bahan dan diolah untuk Musrenbang nantinya.

"Potensi strategis harus diutamakan dengan merencanakan pembangunan yang multiguna untuk lebih efektif dan kultur manfaat untuk rakyat," katanya.

Dalam pembangunan harus ada perencanaan kegiatan yang nanti sewaktu Musrenbang semua permasalahan kita sudah terjawab. perencanaan yang ada di kabupaten/kota nanti akan kita sinkronkan ke pembangunan provinsi, sehingga apa yang kita kerjakan bermanfaat untuk rakyat.

Ia juga mengingatkan para Bupati dan Wali Kota yang mempunyai jabatan amanah rakyat sehingga jauhi korupsi.

"Sumut terdiri dari 220 Kecamatan dan 660 Desa dan Kelurahan dimana daerah yang masuk Zona Wilayah Pantai Timur adalah Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebing Tinggi, Kota Tanjung Balai, Kabupaten Langkat, Deliserdang, Serdang Bedagai, Batubara, Asahan, Labuhan Batu, LabuhanBatu Utara dan LabuhanBatu Selatan," ungkapnya.

Gubernur juga mengingatkan infrakstruktur sekolah harus bersih, sarana olahraga di sekolah harus ada, daerah wisata yang banyak seperti di Kabupaten Langkat ada Tangkahan tempat wisata harus dimajukan.

Pihaknya juga menjelaskan akan diadakan mobil kesehatan siap gerak berupa rumah sakit, bus gerak dan dokter spesial siap terbang setiap dibutuhkan.

Sementara untuk sektor agraris dan pertanian Sumut yang mempunyai lahan pertanian dan peternakan harus dikembangkan untuk masyarakat dan kita fokus pada pembangunan Provinsi Sumut.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih atas kehadiran Gubernur Sumut di Kabupaten Langkat.

Semoga dengan kehadiran Gubernur Sumut dapat memacu para wali kota dan bupati yang hadir untuk lebih semangat lagi dalam proses pembangunan kedepannya,

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020