Angin puting beliung yang melanda wilayah Desa Silaitlait, Kecamatan Siborongborong, Kabupaten Tapanuli Utara, sekira pukul 15.20 WIB, merusak sejumlah fasilitas umum yang terdapat di Lapangan Pacuan Kuda Siborongborong.

"Kanopi dan podium di Lapangan Pacuan Kuda roboh diterjang puting beliung," terang Pak Erwin Aritonang, warga sekitar kepada ANTARA, Senin (27/1).

Disebutkan, pusaran angin dari puting beliung yang menderu keras terdengar jelas sebelum peristiwa robohnya kanopi podium.

Baca juga: Puting beliung terjang Siborongborong, rumah hingga tribun pacuan kuda roboh

"Saat angin puting beliung menerjang, hujan lebat yang mengguyur wilayah Siborongborong ditingkahi tiupan angin kencang," sebutnya.

Menurut Pak Erwin, terjangan angin kencang tidak hanya merobohkan kanopi podium, namun dinding podium dan sejumlah perangkat kanopi juga rusak berat akibat sejumlah tiang penyangga yang ambrol.

Baca juga: Bupati Nikson lantik 227 pejabat eselon, ini daftarnya

Baca juga: Pemkab Taput selamatkan 300 Ha padi terancam gagal panen akibat jebolnya tanggul irigasi, ini langkahnya

"Hingga saat ini, belum ada informasi soal timbulnya korban jiwa," tukasnya.

Dalam laman media sosial "facebook", terjangan angin puting beliung juga diunggah akun @Mangaturhutasoit Arthur Kaytung Zamruuds dengan "caption" PUTING BELIUNG HARCURKAN PODIUM PACUAN KUDA SIBORONGBORONG yang diunggah sesaat robohnya kanopi podium.

Dalam unggahannya, terdapat sejumlah 6 foto dan 1 video amatir terkait kerusakan yang timbul akibat terjangan angin kencang tersebut.

Terkait peristiwa ini, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tapanuli Utara, Bonggas Pasaribu yang dihubungi via selulernya belum bersedia memberikan keterangan resminya.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020