Wali Kota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, bersama Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto melaksanakan panen perdana padi sawah melalui program pengembangan masyarakat Rumah Pintar Aku Cinta Ibu (Acibu) dengan luas lahan tiga hektare di Desa Purwodadi, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.
 
Wali kota dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada kelompok masyarakat yang tergabung dalam Rumah Pintar Acibu dan telah berhasil mengelola tanaman padi dengan hasil panen yang baik, walau hasil produksinya belum memuaskan sesuai harapan.
 
"Pemerintah tetap berkomitmen untuk mewujudkan kedaulatan pangan serta swasembada pangan. Untuk itu, saya meminta kepada seluruh jajaran pemerintahan untuk selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka pendampingan para petani," katanya.
 
Baca juga: Pemkot serahkan bantuan untuk korban kebakaran di Padangsidimpuan

Baca juga: Tulang Bobby Nasution serius maju pilkada di tanah leluhur

Ia menyampaikan, pihaknya juga mendukung berbagai inovasi dan metode penelitian yang dilakukan para peneliti pertanian dari Universitas Muhammadiyah  Tapanuli Selatan dengan harapan muncul peneliti-peneliti hebat dalam menciptakan inovasi-inovasi baru di bidang pertanian.
 
"Saya harapkan, inovasi ini bisa terus disemournakan, dikembangkan dan dikemas dengan baik sehingga kedepan petani kita bisa menambah produksi, meskipun dengan keterbatasan lahan pertanian yang semakin menyusut," kata Irsan.
 
Sementara itu Dandim 0212/TS Letkol Inf Akbar Nofrizal Yusananto, mengatakan pihaknya memberi penghargaan yang sebesarnya 
kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi nyata dalam membina petani dalam upaya memaksimalkan potensi lahan pertanian yang ada.
 
"Ini juga bagian dari program upaya khusus ketahanan pangan yang merupakan keterlibatan TNI mewujudkan swasembada pangan bagi petani. Kehadiran TNI sebagai motivator agar petani juga memiliki semangat agar terus meningkatkan produksi padi di lahan persawahan yang sudah ada," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Kota Padangsidimpuan Parimpunan Siregar melaporkan bahwa tujuan dari pelaksanaan ini adalah untuk membangkitkan semangat dan motivasi bagi semua pihak khususnya masyarakat tani untuk mendukung Upsus peningkatan produksi padi guna mendukung pencapaian target swasembada pangan nasional.
 
“Hal ini tentunya membawa nilai postif untuk perkembangan pertanian di Kota Padangsidimpuan khususnya padi sawah, sehingga secara tidak langsung bisa meningkatkan swasembada pangan sesuai apa yang diharapkan pemerintah," ucapnya. 



 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020