Anak-anak di Desa Sipapaga Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal kini bisa berbangga hati karena sudah bisa mengoperasikaan komputer.

Pengenalan dan pelatihan tekhnologi berbasis komputer kepada anak-anak Desa tersebut dilakukan setelah Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran Dana Desa untuk pelatihan komputer dasar Microsoft Word.

Di tahun 2019 ini Pemerintah Desa Sipapaga mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 32.000.000 untuk pelatihan komputer tersebut.

Baca juga: Sikapi isu kutipan Los di Pasar Mompang, Bupati Madina adakan sidak

"Alhamdulilah saya sudah bisa cara menghidupkan komputer , mengetik naskah tulisan dan cara memprint,"ucap Suci Rahmadani salah seorang pelajar yang ikut dalam pelatihan komputer itu.

Ia menyampaikan, sebelum ada pelatihan komputer ini dirinya saya sama sekali tidak mengerti akan komputer baik dalam tatacara pengoperasiannya maupun tehnis lainnya.

Baca juga: Bawaslu Madina lantik 69 Panwascam

"Setelah saya ikuti, saya mulai paham membuat tabel dan sebagainya," ujar Suci.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa Sipagapaga ini sebut Suci berlangsung selama 12 hari yang pesertanya mayoritas dari kalangan anak pelajar ditingkat Sekolah Dasar (SD), SMP.

Dengan adanya program peningkatan sumber daya manusia ini dirinya mengucapkan terimkasih kepada presiden Jokowi dan Kemendes.

Sementara itu, Kepala Desa Sipagapaga, Anaf Nasution mengatakan pelatihan komputer ini bertujuan untuk meningkatkan sumberdaya generasi muda manusia.

"Kita tidak ingin ketinggalan dalam teknologi," sebut Kades.

Kades berharap dengan adanya program ini nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa dan bisa menjadi modal untuk menciptakan peluang kerja nantinya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020