Komisioner KPU RI Evi Novida Ginting berkunjung ke KPU daerah Kota Pematangsiantar, di Jalan Porsea, Selasa (31/12).

Kedatangan Evi yang didampingi Ketua KPU Sumut Hardensi Adnin dan staf disambut Komisioner KPU Pematangsiantar, Daniel MD Sibarani, Jafar Siddik Saragih, Nurbaiyah Siregar, Gina Ruth Fefiliana Ginting dan Christian Benny Panjaitan.

Evi pada kunjungan itu memaparkan perubahan proses rekapitulasi pada penyelenggaraan Pilkada 2020 dengan sistem aplikasi elektronik atau e-rekap.

Wacana ke depannya, setelah pemungutan dan penghitungan suara di TPS, petugas KPPS menggunakan smartphone memfoto atau memotret (geo-tagging) C-Plano dan di upload ke aplikasi e-rekap.

Baca juga: KPU RI nyatakan kesiapan KPU Binjai menerapkan aplikasi e-rekap
 
Aplikasi nantinya membaca hasil tersebut menggunakan Optical Character Recognation (OCR) atau Optical Mark Reader (OMR) atau keduanya. 

Selanjutnya kata Evi, proses rekapitulasi hanya dilakukan di tingkat kota/kabupaten,  tingkat kelurahan dan kecamatan ditiadakan. 

Diinformasikan, pihaknya terus melakukan perbaikan-perbaikan dan inovasi untuk proses kelancaran penyelenggaraan Pilkada 2020.

Baca juga: KPU ingatkan potensi pergeseran koordinat TPS

Ketua KPU Pematangsiantar Daniel MD Sibarani mengatakan, TPS yang digunakan pada Pilgubsu 2018 maupun Pemilu 2019 memiliki titik ordinat.

Sesuai hasil konfirmasi dengan provider Telkomsel, kata Daniel, hampir semua area di Pematangsiantar terjangkau (coverage) 4G.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019