Pelajar, mahasiswa, TNI, Polri, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta para veteran mengikuti upacara peringatan Ke 71 tahun Hari Bela Negara, di Lapangan H Adam Malik Pematangsiantar, Kamis (19/12). 

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Pematangsiantar H Hefriansyah menjadi inspektur upacara, membacakan amanat Presiden RI Joko Widodo.

Presiden mengatakan, satu di antara berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air Indonesia adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara. 

Pancasila merupakan visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna.

Sejalan dengan itu, pada tahun 2018 Presiden telah menginstruksikan pelaksanaan rencana aksi nasional Bela Negara di berbagai bidang dan tataran di seluruh Indonesia. 

Rencana tersebut melibatkan segenap jajajaran kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah serta berbagai eleman masyarakat sebagai wujud apresiasi atas berbagai keahlian manusia Indonesia.

Aksi Bela Negara juga melengkapi keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur. 


 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019