Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara H.Hermansjah mengajak para wartawan untuk sering membaca isi Undang-Undang (UU) nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Dengan membaca dan memahami UU 40 akan dapat membentengi kita (wartawan) dalam menjalankan tugas-tugas kejurnalistikannya dengan baik atau tidak salah tafsir," katanya.

Ajakan Hermansjah tersebut disampaikannya diacara penutupan Konferensi Kerja PWI Tapanuli Bagian Selatan di Aula Hotrel Astika Parapat Kabupaten Simalungun, Kamis (19/12).

Baca juga: Ketua PWI Sumut sebut media online picu penurunan oplah media cetak

"Bagaimana seseorang (wartawan) bisa mengetahui rambu-rambu dalam menjalankan tugas jurnalistik dengan baik sementara UU 40 'tak pernah dibaca dan dipahami?," tegasnya.

Dia mengatakan  "bagaimana petani membajak sawah tetapi tidak punya cangkul?, " bagaimana nelayan bisa menangkap dapat ikan tetapi tidak punya pancing?"

"Demikian halnya wartawan tanpa dimodali pemahaman UU 40 bagaimana bisa efektif dan maksimal (baik) dalam menjalankan tugas jurnalistiknya. Maka tak heran banyak teman wartawan kadang sudah LSM, ini realita yang terjadi," tandasnya.

Hermansyah dalam konferensi kerja VII tahun 2019, didampingi Sekretaris Edward Thahir dan Ketua Bidang Organisasi Khairul Muslim, dalam agenda penyampaian realisasi dan problematikan program PWI Tabagsel periodesasi 2016-2019 dibawah kepemimpina Hairul Iman Hasibuan.

Sekaligus penyerahan surat perpanjangan pengurus PWI Tabagsel sesuai SK nomor 47/PWI-SU/XII/2019 enam bulan kededepan dan penyerahan SK Kelompok Kerja PWI Sibolga - Tapanuli Tengah.

Waktu enam bulan perpanjangan pengurus diberikan Kepada PWI Tabagsel dalam rangka menghantarkan konfrensi pemilihan pengurus baru 2019 - 2021. Demikian SK pengurus Pokja diserahkan kepada Sahat Jason Gultom untuk mengembangkan 'bendera' PWI di Sibolga - Tapanuli Tenngah.

Ketua PWI Tabagsel Hairul Iman Hasibuan dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada pengurus PWI Sumut yang sekaligus hadir sebagai narasumber diacara yang dihadiri pengurus dan anggota PWI Tabagsel ini.

"Ucapan terimakasih juga saya ucapkan kepada Pemko Padangsidimpuan dan PT.Agincourt Resources pengelola Tambang Emas Martabe Batang Toru dan undangan pengurus PWI Simalungun yang hadir sehingga acara ini berjalan suskes,"  ucap Iman.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019