Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Gozali Pulungan buka MTQ Tahfizul Quran tingkat Kabupaten Madina, Senin (16/12).

Dalam pembukaan MTQ ini turut juga dihadiri pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Madina, para Camat dan para peserta Tahfizul Quran yang ada di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

Bupati Madina, Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutannya yang dibacakan Sekda, Gozali Pulungan menekankan agar senantiasa meningkatkan kajian, pengetahuan dan pengamalan isi kandungan kitab suci Al Quran bukan pada penghapalan saja melainkan pada pengamalan isi kandungan Al Quran.

Selain itu Sekda juga mengharapkan dengan MTQ ini nantinya akan menciptakan generasi muda hafidz-hafidzah dalam mencapai tujuan Mandailing Natal sebagai Madina yang Madani.

"Pemkab Madina selalu konsisten dan kontiniu melaksanakan kegiatan MTQ setiap tahunnya untuk memotivasi putra-putri memperdalam hapalan ayat-ayat Al Quran," sebut Sekda.

Sementara itu, panitia MTQ Tahfizul Quran tingkat Kabupaten Madina, Mulia Gading dalam laporannya menyampaikan, peserta MTQ ini terdiri dari lembaga pendidikan Tahfidz yang ada diwilayah Kabupaten Madina, baik mewakili lembaga pendidikannya sendiri maupun mewakili kecamatan.

Sedangkan peserta yang mendaftar dalam MTQ ini sebanyak 247 orang dengan perincian putra 128 orang dan putri 119 orang.

MTQ ini dibagi dalam enam golongan lomba yaitu golongan 1 juz putra dan putri khusus hafidz cilik materi hapalan 1 juz (juz 30), golongan 1 juz dan tilawah putra dan putri, golongan lima juz dan tilawah putra dan putri, golongan 10 juz putra dan putri, golongan 20 juz putra dan putri,  golongan 30 juz putra dan putri 

"Seyogianya untuk hafidz cilik pada tahun ini tidak diperlombakan, tetapi mengingat antusiasme dan animo masyarakat begitu tinggi maka lomba hafidz cilik tetap di ikutkan dan bagi peserta yang juara 1 sampai dengan harapan tiga akan diberikan tropi, piagam penghargaan serta uang pembinaan," sebut Mulia Gading yang juga Plt Kabag Kesra Madina itu.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019