Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bona Pasogit menggelar diskusi bertajuk Focus Group Discussion (FGD) yang membahas interkoneksi pariwisata Danau Toba dengan Wisata Bahari Sibolga-Tapanuli Tengah, Minggu (15/12) di Marina Poncan, Sibolga.

Diskusi sehari ini menghadirkan narasumber Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, dan Wali Kota Sibolga yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Sibolga Yahyah Hutabarat.

Dalam sambutannya Ketua PWI Bona Pasogit Posma Simorangkir menyebutkan bahwa PWI Bona Pasogit ingin berkontribusi dan bersinergi dengan kawasan pariwisata yang ada di Tapanuli dengan menggelar diskusi bersama sesuai dengan program kerja PWI Bona Pasogit.

Program kerja PWI itu pun diakui Posma mendapat dukungan dari Pemkab Tapanuli Utara dengan menggelar kegiatan safari jurnalistik pariwisata PWI Bona Pasogit yang diikuti oleh wartawan anggota PWI dari Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, dan Samosir.

Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam paparannya menyebutkan, tidak mungkin Danau Toba bisa maju kalau Tapanuli Tengah dan Sibolga tidak tersentuh. Karena majunya Tapanuli Tengah dan Kota Sibolga adalah majunya Danau Toba.

Bakhtiar juga menyinggung soal keinginan Bupati Taput untuk mendirikan Universitas Negeri di Tapanuli Utara.

"Kita harus kawal bersama-sama untuk meyakinkan Pemerintah Pusat akan keberadaan Universitas Negeri di Tapanuli, karena begitu ada Universitas Negeri di Tapanuli Utara, ekonomi tentu akan meningkat," ujar Bakhtiar seraya menambahkan agar cabang Universitas Negeri itu nanti dibuka di Tapteng khusus jurusan ekonomi dan kemaritiman.

Sementara itu Bupati Tapanuli Utara Nikson Nabanan mengatakan, perlunya menyamakan persepsi dalam menyatukan pandangan.  Forum diskusi yang digagasi PWI Bonapasogit memiliki nilai strategis diantara pemangku kepentingan.

“Kita menyamakan persepsi, menyatukan pandangan kita, karena kekuatan media bisa merubah segala sesuatu," tegas Nikson.

Ia juga berterima kasih kepada Bupati Tapanuli Tengah yang telah memberikan dukungan untuk mendirikan Universitas Negeri di Tapanuli Utara. Nikaon berharap media dapat menyuarakannya untuk memajukan masyarakat di Tapanuli Raya ini.

"Kenapa saya katakan dengan  sebutan Tapanuli Raya, karena kita dulunya adalah wilayah Residen Tapanuli,” terang Nikson Nababan.

Diakhir diskusi Ketua PWI Bona Pasogit memberikan cinderamata kepada Bupati Tapanuli Tengah, Bupati Tapanuli Utara, Wali Kota Sibolga, Ketua DPRD Kota Sibolga, Wakil Bupati Tapanuli Tengah.

FGD ini juga turut dihadiri oleh  Wakil Bupati Tapanuli Tengah Darwin Sitompul, Ketua DPRD Kota Sibolga Ahmad Syukri Nazri Penarik, Sekretaris Daerah Kabupaten Tapanuli Utara Indra Simaremare, sejumlah Pimpinan OPD Pemkab Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Kota Sibolga.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019