Nelayan asal Malaysia yang terombang ambing karena kehabisan bahan bakar di Selat Malaka akhirnya diselamatkan nelayan Langkat dan kini berada di Poskamla TNI-AL Pangkalan Susu untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun dari Pangkalan Susu, Minggu, peristiwa itu terjadi Sabtu (14/12) malam sekitar pukul 17.00-22.35 WIB di Selat Malaka, tepatnya di perairan Aceh Tamiang Provinsi Aceh dengan koordinat 04-44-00 Utara dan 098-42-00 Timur.

Nelayan Indonesia pada saat melaut mengamankan nelayan warga negara Malaysia Wal Asmira bin Hasan alias Ali (28) yang kehabisan bahan bakar sehingga terombang ambing di lautan.

Selanjutnya nelayantersebut ditolong nelayan Langkat dandiserahkan kepada Patkamla (Patroli Keamanan Laut) TNI-AL Pangkalan Susu Langkat.

Saat ini WNA tersebut telah berada di Poskamla TNI-AL Pangkalan Susu untuk diperiksa dan dimintai keterangan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan identitas WNA tersebut yaitu Wal Asmira bin Hasan alias Ali (28) warga Jalan Kebalik Pulau Kelurahan Kemak Taman Sahabat Kecamatan Baya Lepas Penang Malaysia.

Adapun barang bukti yang diamankan di antaranya satu Spit 60 PK (23 kaki) 7 meter, serta tiga utas jaring dengan panjang 450 meter.

Penyelamatan nelayan Malaysia itu dilakukan nelayan Langkat saat akan kembali ke TPI Pangkalan Susu.

Nelayan bernama Kevin Arfinsyah, Jepri, dan M Jepri melihat ada orang yang berteriak minta tolong lalu dihampiri. Berdasarkan hasil pengecekan oleh nelayan Langkat diketahui bahwa nelayan tersebut berasal dari Malaysia.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019