Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS)  se-Dunia tingkat Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 057222 Desa Tapak Kuda, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Selasa.

Ketua PKK Sumatera Utara, Nawal Lubis, mengajak semua pihak menyelenggarakan pembangunan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri dan bermartabat.

"Memulainya dengan mencuci tangan dengan baik dan benar, sebab CTPS merupakan cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan," katanya.

“Mencuci tangan pakai sabun sangatlah penting, sebab tangan perantara berbagai kuman dan virus masuk ke dalam tubuh,” sambungnya.

Maka kebiasaan mencuci tangan, dapat mencegah penyakit yang disebabkan kuman dan virus seperti diare, flu, gangguan pernapasan dan cacingan. 

Mencucinya dapat menggunakan segala jenis sabun, baik sabun mandi biasa, antiseptik maupun sabun cair.

Nawal juga menjelaskan cara mencuci tangan dengan baik, harus menggunakan air mengalir, untuk lamanya mencuci tangan 40 sampai 60 detik,  lalu basuh tangan seluruhnya dan memakai sabun secukupnya, gosok dengan benar semua bagian tangan dan jari minimal 20 detik, terakhir bilas tangan dengan air mengalir dan keringkan tangan dengan handuk bersih.  

Sementara Ketua PKK Langkat Tiorita mengakui kunjungan ini merupakan kehormatan dan terima kasih atas pengetahuan yang diberikan, tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan selalu berperilaku hidup bersih, yang di awali dengan cuci tangan pakai sabun. 

"Semoga kegiatan ini memberikan motivasi bagi kami, khususnya bagi pelajar. dan kiranya pertemuan  pada hari ini membawa keberkahan dan kebaikan untuk kita semua," katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019