Ketua Pengadilan Negeri (PN) Tanjungbalai, Salomo Ginting, menyebutkan  pers atau wartawan bisa mempengaruhi situasi politik kearah yang baik atau sebaliknya, untuk itu dalam kontek Pemilu/Pilkada wartawan diharapkan tetap netral dan profesional.

“Saat Pilkada, pers atau wartawan bisa saja menjalankan fungsinya secara benar atau berpihak dengan kepentingan politik satu pasangan calon kontestan Pilkada,” ujar Ketua PN Tanjungbalai, Salomo Ginting, Kamis (28/11).

Ungkapan itu disampaikan dihadapan pengurus/anggota PWI Tanjungbalai ketika beraudiensi menjelang Konferensi V/2019 Persatuan Wartawan Indonesia Kota Tanjungbalai.

Salomo melanjutkan, Pilkada Tanjungbalai 2020 nanti 
juga menjadi tantangan bagi wartawan khususnya di Tanjungablai untuk mempraktikkan jurnalisme yang profesional dan independen.

Artinya, dalam Pilkada Tanjungbalai mendatang kepada wartawan khususnya anggota PWI di Tanjungbalai diharapakan untuk profesional serta menjaga independensinya dalam menjalankan tugas jurnalistik.

"Pers atau wartawan profesional harus tetap berada ditengah, karena keberpihakan pada salah satu kandidat tentu sangat berpengaruh terhadap situasi politik," kata Salomo menyarankan.

Salomo juga menyatakan, pihaknya tetap terbuka dan menerima kehadiran wartawan profesional, apalagi anggota PWI yang integritas dan kemampuan jurnalistiknya sudah teruji.

"Terkait pelaksanan Konferensi V PWI ini kami sangat mendukung dan berharap pengurus terpilih kedepannya dapat bersinergi dengan PN Tanjungbalai," katanya.

Senada dikatakan Wakil Ketua PN, Dedi Yadi Saptra, silaturahmi akan membawa kebaikan bersama. "Mari kita eratkan jalinan silaturahmi melalui interaksi dan komunikasi dengan saling memahi tugas fungsi masing-masing," katanya.

Sebelumnya, Ketua PWI Tanjungbalai, Yan Aswika, menjelaskan, Konfrensi V yang akan digelar pihaknya pada 5 Desember 2019 di Grand Singgie Hotel Tanjungbalai, merupakan amanah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (PD/PRT) PWI.

"Tema yang kami angkat "Wujudkan Profesionalisme dan Kompetensi Wartawan serta Kawal Proses Pilkada 2020 Dengan SDM Unggul". Kami berharap bapak Ketua PN bisa hadir dalam acara pembukaan Konferensi tersebut," kata Yan Aswika.

Pengurus/anggota dan panitia Konferensi PWI Tanjungbalai yang beraudiensi antara lain, Ketua OC, Syamsul Bahri, Ketua SC, Ridwan dan Sekretaris Saufi Satria Simangunsong, serta unsur kepanitiaan lainnya, Nisfu Fitri.

Rombongan PWI disambut hangat Ketua PN, Salomo Ginting, Wakil Ketua, Dedi Yadi Saptra, Widi Astuty (Juru Bicara), Panmud Perdata, Safriono dan Panitera, Osdin Sidauruk.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019