Telkomsel bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) mengedukasi pengusaha UKM di Sumut untuk  bisa mempertahankan bisnis di era digital.

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, di Medan, Selasa, mengatakan, era digital tidak bisa dielakkan termasuk dalam kaitan di usaha.

"Untuk itu UKM harus bisa mengikuti zaman dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam menjalankan bisnisnya," ujarnya saat menjadi pembicara pada seminar tentang Tantangan Berwirausaha di Era Digital dengan tema “Bagaimana Bisnis Bertahan di Era Digital".

Selain Ririn Widaryani, tampil pembicara lainnya yakni Teritoty Lead Amazon Anthony Amni, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah dan Vice President Sales and Marketing Area Sumatera Telkomsel, Erwin Tanjung

Menurut Ririn, Telkomsel sendiri telah mempersiapkan ekosistem digital untuk memperluas layanan kepada pelanggan, baik perorangan maupun corporate dalam menghadapi era 4.0.

"Telkomsel terus bertekad menjadi pemimpin dalam bisnis nirkabel dan digital dengan menghadirkan berbagai revolusi Industri untuk memperkuat Indonesia dalam berbagai bidang," katanya.

Telkomsel juga telah mengenalkan teknologi 5G yang pertama tahun 2018 saat Asean Games.

Dia mengakui, tantangan bagi pelaku UKM di Indonesia adalah digitalisasi, sebagai penanda era 4.0.

Oleh karena itu, Telkomsel sangat menyadari pentingnya berbagi pengalaman dengan pelaku UKM guna mempersiapkan kematangan dalam persaingan era digital.

"Kegiatan literasi digital menjadi bagian agenda kerja penting untuk mendukung program pemerintah menuju industri 4.0," katanya.

Dengan jaringan luas yang dimiliki Telkomsel, pelaku UKM akan lebih mudah terhubung dengan pelaku usaha di daerah lain atau memperluas jangkauan konsumennya.

Di era 4.0, katanya, tantangan bagi pelaku usaha bukan hanya persaingan konvensional, melainkan global melalui e-commerce.

Ririn Widaryani menjelaskan, Telkomsel sengaja menggandeng AWS untuk menambah literasi digital pelaku usaha di Sumut karena perusahaan itu dinilai cukup berpengalaman dalam melayani pelanggannya menghadapi dunia digital melalui cloud computing atau cloud platform yang dimiliki.

Dengan pengenalan manfaat dan fungsi-fungsi cloud bagi pelaku usaha di Sumut diharapkan akan semakin menggairahkan pelaku UKM dalam menghadapi era 4.0.

 Teritoty Lead Amazon, Anthony Amni, menyebutkan, misi dari Amazon Web Services adalah untuk mendukung Indonesia memasuki era Industri 4.0.

"AWS juga bekerja sama dengan Kementerian Ketenagakerjaan dalam melatih tenaga kerja yang cloud computing-ready,” ujar Anthony Amni.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019