25 perwakilan kecamatan se Kabupaten Asahan mengikuti festival Tari Gubang yang digelar Dinas Pendidikan Asahan dipusatkan di Gedung Juang Kota Kisaran, Selasa (19/11)

Bupati Asahan  H. Surya BSc  yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan  Asahan , Drs Sofyan menyampaikan apresiasi  kepada para koordinator wilayah (korwil) pendidikan Kecamatan dan kepala sekolah yang telah mempersiapkan  teamnya masing masing untuk meramaikan festival tersebut.

Tari Gubang, kata Sofyan merupakan  salah satu warisan  budaya  non benda yang sudah diputuskan Kemendikbud RI sebagai  warisan budaya  non benda  dari  Kabupaten  Asahan. Begitu juga  senandong  Asahan. 

Oleh karena itu melalui  kegiatan  ektrakurikuler  di sekolah  Tari  Gubang  itu diterapkan  di sekolah sebagai upaya pelestarian.

Kemudian  diharapkan kepada kelompok  atau sanggar seni  yang dikelola  oleh masyarakat  juga dapat memberikan  pengembangan  tari gubang  di sanggarnya masing masing sehingga  budaya  leluhur Asahan ini bisa tetap lestari.

"Kedepan  kita merencankan adanya kegiatan tari gubang  secara masal. Dan bisa memperoleh rakor  muri.Oleh Karena itu  mari kita lestarikan  budaya leluhur  Asahan yang kita cintai ini,” ujar Sofyan.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019