Kabupaten Langkat berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah pimpinan Thariqat Naqsabandiyah Babussalam Tuan Guru Syekh Haji Hasyim Al Sarwani, Sabtu (16/11) sekitar pukul 10.30 WIB, di salah satu rumah sakit di Kota Medan, dalam usia 82 tahun.

Ucapan berbagai dukacita atas berpulangnya ke Rahmatullah Ulama Sumatera Utara itu disampaikan Deputi Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Irjend Pol Arman Depari yang juga sahabat dekat Tuan Guru.

"Turut berdukacita atas mangkatnya Tuan Guru Babussalam," katanya.

"Tentu kita kehilangan ulama yang dikenal luas di Indonesia ini, semoga amal ibadahnya diterima Tuan Yang Maha Esa," sambungnya.

Baca juga: Ulama kharismatik Langkat Tuan Guru Babussalam Syekh Hasyim Al Sarwani berpulang ke Rahmatullah

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia Dr H Dedi Iskandar Batubara menyampaikan dukacita yang sangat mendalam atas berpulangnya ke Rahmatullah ulama Langkat yang tidak hanya di kenal di Langkat tapi juga Indonesia dan mancanegara.

"Beliau ulama panutan mendedikasikan seluruh hidupnya buat pengembangan Islam dibuktikan dengan banyaknya jamaah thariqatnya," katanya.

"Semoga Allah tempatkan di surga Firdausnya dan seluruh amal ibadahnya diterima Allah SWT," harapnya.

Ucapan dukacita juga datang dari Kepala Kejaksaan Negeri Langkat Wahyu Sabruddin SH MH, semoga husnul khatimah dan Allah terima seluruh amal ibadahnya.

"Langkat jelas kehilangan ulama yang kharismatik yang thareqatnya sangat dikenal luas hingga mancanegara," katanya.

Sementara itu Ketua Pemuda Mitra Kamtibmas Langkat mengaku sangat kehilangan sosok ulama ini.

Padahal baru beberapa waktu yang lalu saya berkunjung untuk melihat beliau di komplex Babussalam, namun hari ini Allah memanggil ulama yang dikenal luas di nusantara Indonesia, katanya.

Sementara itu jenazah Almarhum Syekh Haji Hasyim Al Sarwani sudah disemayamkan di madrasah besar Babussalam, hadir juga melayat Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin, Buya Amiruddin MS, Kemenag Langkat Zulfan Effendy, beserta ratusan warga yang terus berdatangan untuk melayat dan menyampaikan dukacitanya.

Seperti diketahui Ulama kharismatik Kabupaten Langkat Syekh Haji Hasyim Al Sarwani (82) telah berpulang ke Rahmatullah sekitar pukul 11.30 WIB di rumah sakit Colombia Medan, setelah mendapat perawatan sebelumnya atas penyakitnya.

Hal itu disampaikan anak kandungnya Haji Zamroni, di perkampungan religius Babussalam Desa Besilam Kecamatan Padang Tualang Kabupaten Langkat, Sabtu.

Zamroni menjelaskan sebelumnya ayahandanya itu mengalami sakit dan pihak keluarga membawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Namun, Allah berkehendak atas hambanya sekitar pukul 11.30 WIB, beliau berpulang ke Rahmatullah, katanya.

Direncanakan jenazah Almarhum Syekh Haji Hasyim Al Sarwani akan dikebumikan Minggu (16/11) dipekuburan komplex Babussalam.

Zamroni juga meminta maaf kepada seluruh kaum famili, keluarga maupun masyarakat luas, bila ada kesalahan Almarhum selama hidupnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019