Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Bilah Hulu terus berbenah dalam meningkatkan sistem data pokok pendidikan atau Dapodik untuk meminimalisir penyelewengan dana bantuan operasional sekolah (BOS). 

Kepala SMP Negeri 1 Bilah Hulu, Slameto, di Rantauprapat, Jumat (14/11), menjelaskan, Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang merupakan sumber data utama pendidikan.

Keberadaan sistem Dapodik dinilai mampu menutup celah terjadinya Penyelewangan atau permain jumlah peserta didik  untuk memperoleh dana operasional.

"Sebagai data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel dan terus up to date, data Dapodik dapat di akses oleh siapa saja dan menjadi rujukan dalam pencairan dana BOS serta berbagai bantuan lain yang bersumber dari dana APBN," katanya.

Slameto mencontohkan, anggaran SMP Negeri 1 Bilah Hulu tahun 2019 terdaftar sebanyak 996 orang dan SMP Terbuka 1 Bilah Hulu sebanyak 77 orang jumlah 1073 orang. Namun realisasi dana BOS yang diterima sebanyak 1046 orang dengan rincian, SMP Negeri 1 Bilah Hulu 993 orang dan SMP Terbuka 1 Bilah Hulu sebanyak 53 orang.

Saat kelulusan siswa SMP Negeri 1 Bilah Hulu pada bulan Juli, kelas IX dan menerima peserta didik baru kelas VII terjadi perubahan jumlah siswa menjadi 948 orang, jumlah ini akan terus berubah tergantung siswa mutasi masuk dan siswa mutasi keluar. 

Pada Bulan Agustus kembali terjadi perubahan jumlah dari sebelumnya 948 menjadi 950. Menurutnya, ada peserta didik mutasi masuk dan berikutnya terjadi lagi adanya peserta didik mutasi keluar sehingga jumlah kembali berubah menjadi 949 orang. 

Perubahan jumlah mutasi masuk dan keluar ini terus dilaporkan secara periodik/perubahan kedata Dapodik yang dilakukan secara online. 

Atas perubahan yang terjadi, kelebihan dan kekurangan penyaluran dana BOS secara otomotis akan dilakukan langsung oleh sistem pada pencairan tri wulan IV. 

"Sesuai dengan penjelasan diatas dugaan terjadinya penyelewangan dana BOS adalah tidak benar," jelas Slameto yang juga Ketua PGRI Kabupaten Labuhanbatu ini.

Pihaknya siap menerima saran dan kritikan serta berharap dukungan dari semua pihak khususnya warga sekolah yang tujuannya untuk meningkatkan mutu pembelajaran dikelas dan mutu pendidikan di sekolah SMP Negeri 1 Bilah Hulu.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019