Magister Ilmu Komunikasi FISIP USU kembali menggelar Konferensi Internasional 2nd ICOMMDT 2019 (International of Communication, Cultural, and Digital Technology) yang bertemakan The Challenge of City Branding in Digital Era 4.0, 1-3 November 2019 di Medan. 

Kegiatan itu merupakan rangkaian menyambut Dies Natalis FISIP USU ke-39 tahun 2019 dan untuk menanggapi perkembangan serta tantangan zaman di masa kini, terutama peranan teknologi informasi dan komunikasi di  era digitalisasi.

Hal itu disampaikan Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi FISIP USU Prof Lusiana Andriani Lubis didampingi Sekretaris Prodi Magister Ilmu Komunikasi Syafruddin Pohan, Ketua Panitia 2nd ICOMMDT 2019 Caessaria Indra Diputri serta Sekretaris Panitia Chyiona Azaria Raz Sembiring, S.I.Kom di Kampus Pasca Sarjana FISIP USU, Rabu.

Prof. Lusiana Lubis juga menyatakan penyelenggaraan konferensi internasional itu menjadi momentum yang tepat bagi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Terutama pemprov dan kabupaten/kota di Sumatera Utara untuk mempromosikan pembentukan kota pintar (smart city) sebagai pusat bisnis bernilai tambah lokal, investasi dan destinasi  wisata yang berbasis digital. 

Konferensi Internasional ini dihadiri para akademisi dan mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri serta sejumlah pejabat di lingkungan USU, pejabat Kementerian Kominfo RI dari Jakarta, praktisi komunikasi dan humas. 

Penyampaian makalah dalam Konferensi internasional itu mengambil bentuk presentasi makalah sebanyak 52 kertas kerja dan 10 kertas kerja dalam bentuk poster.

Para presenter kertas kerja tersebut total berjumlah 62 paper dosen dan mahasiswa dari dalam negeri seperti Universitas Sumatera Utara, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Aceh dan Riau dan dari luar negeri diantaranya dari Malaysia, Thailand, Pakistan, Bangladesh dan Nigeria. 

Sementara itu dalam rangkaian Dies Natalis FISIP USU ke-39 tahun 2019, Magister Ilmu Komunikasi FISIP USU mengadakan Kuliah Umum Metodologi Penelitian Ilmu Komunikasi, yang materinya antara lain tentang penelitian media dalam jaringan dan media sosial yang sangat dibutuhkan mahasiswa S2 Komunikasi FISIP USU. 

Dengan pemateri Rachmat Kriyantono Ph.D dari Universitas Brawijaya Malang yang merupakan penulis buku-buku tentang Penelitian Komunikasi.

Pada bagian akhir dari kegiatan ini para peserta konferensi internasional akan diajak berkeliling kota dengan agenda wisata kota  (field trip) antara lain ke Istana Maimun, Mesjid Raya Al Mashun,Tjong A Fie Mansion.



 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019