Rektor Universitas Negeri Medan Dr Syamsul Gultom, SKM, M.Kes berharap hasil penelitian dan pengabdian dosen dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Karena salah satu fungsi sebagai perguruan tinggi adalah kebermanfaatan kehadiran kita untuk menjawab kebutuhan masyarakat," kata Syamsul, dalam sambutannya pada seminar nasional  di Medan, Rabu.

Seminar nasional bertema: "Sinergi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam menghadapi disruptive innovation untuk mendukung era Revolusi Industri 4.0.

Ia mengatakan, produk pengabdian masyarakat dosen Unimed telah banyak membantu warga dalam meningkatkan ekonomi, menyumbangkan alat-alat mesin yang dibutuhkan masyarakat, dan melatih masyarakat untuk terampil.

Hal itu, merupakan yang luar biasa, hasil perjuangan bapak dan Ibu dosen yang bertugas di lingkungan Unimed.

"Kita berharap tahun depan kegiatan pengabdian harus lebih inovatif dan menyesuaikan dengan tantangan kemajuan zaman," ujar Syamsul.

Ia menyebutkan, untuk hasil penelitian akan diarahkan yang sama, haruslah hasil penelitian dosen Unimed, juga bermanfaat bagi pengembangan tarap hidup masyarakat.

Tentunya melalui tindaklanjut hasil penelitian dan harus dipublikasikan kepada masyarakat melalui jurnal internasional bereputasi, jurnal nasional terakreditasi, dan media massa yang relevan agar masyarakat bisa membacanya dengan baik.

Hasil penelitian dan pengabdian dosen juga harus mampu menjawab untuk ketercapaian visi dan misi Unimed menjadi universitas yang unggul di bidang pendidikan rekayasa industri dan budaya.

Keunggulan hasil penelitian dan pengabdian tentu perlu diimbangi dengan upaya keras dalam meningkatkan sistem informasi yang tepat, cepat, dan akurat agar menghasilkan penelitian yang inovatif, kreatif, yang mampu memberikan nilai tambah pada Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

"Saya menyambut baik kumpulan abstrak yang merupakan kompilasi rangkuman desiminasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat pada Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (SNP2M) Tahun 2019," katanya.

Pada Seminar Nasional, menghadirkan tiga nara sumber yakni Prof Dr Syawal Gultom,MPd (Unimed), Prof Dr Suyanta, MSi (UNY) dan Ir Santosa Yudo Warsono MT (Kemenristekdikti).

Baca juga: Unimed terus dorong mahasiswa raih prestasi lewat berbagai kompetisi

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019