Sejumlah dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan pengabdian masyarakat "Transkripsi Digital Cerita Rakyat Kampung Budaya Melayu Desa Pekan Tanjung Beringin, Kecamatan Tanjung Beringan Kabupaten Serdang Bedagai", Provinsi Sumatera Utara.

Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat, Mohammad Anggie Januarsyah Daulay,SS,M.Hum, di Medan,Sabtu, mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat melibatkan Tengku Abdul Azim (Ketua Komunitas Seni dan Budaya), Mahyudanil Koordinator Divisi Seni Budaya Kampung Melayu) dan anggota yang berjumlah 20 orang lebih.

Kegiatan transkripsi digital kampung budaya melayu itu, menurut dia dilaksanakan Jumat (25/10) di Desa Pekan Pekan Tanjung Beringin.

"Kegiatan tersebut merupakan kegiatan lanjutan dari tanggal 18 Oktober 2019, yaitu pemetaan cerita rakyat di kampung Budaya Melayu," ujar dia.

Ia menyebutkan, tim pelaksana dan mitra melakukan pemetaan terhadap cerita rakyat yang tidak termanuskrip dengan baik.

Selama ini cerita rakyat tumbuh dan berkembang dalam ingatan manusia, meskipun memonic device, suatu saat ingatan itu akan pudar oleh program peradaban baru.

"Lambat laun kekayaan literasi di kawasan ini akan hilang bersama gempuran modernisasi," kata Anggie didampingi Dr.M Oky Fardian Gafari, M.Hum, dan Abdul Haris Nasutian, SPd, MPd.

Sementara, Ketua Komunitas Seni dan Budaya Tengku Abdul Azim menyambut baik kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Menurut dia, para akademisi sangat dibutuhkan untuk membantu terpublikasinya kekayaan literasi yang kental akan adat dan budaya di Kampung Budaya Melayu.

"Saya sangat bersyukur desa kami ini dikunjungi para akademisi dari Unimed," katanya.

Anggie mengemukakan, masih berlangsungnya kegiatan pemetaan dan pelatihan penulisan transkiripsi di Kampung Budaya Melayu, mudah-mudahan akan menghasikan produk literasi, yang nantinya akan didistribusikan kepada generasi muda dan sekolah.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019