Sumatera Utara mengusung dua misi di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke X yang akan berlangsung mulai 2- 9 November 2019 di Bengkulu, yakni meloloskan atlet sebanyak-banyaknya menuju PON, dan juga menargetkan juara umum, kata Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis di Medan, Jumat.

"Porwil ini ada dua tugas penting yang harus dilakukan KONI Sumut. Pertama, meloloskan atlet Sumut menuju PON sebanyak - banyaknya. Tugas kedua meraih prestasi terbaik di Porwil Sumatera. Saya berharap tugas ini bisa dicapai jika sebelas cabor minimal bisa menjadi yang terbaik dari provinsi lain," katanya.

Keyakinan John untuk merebut juara umum juga telah ditandai dengan hasil positif sepak bola yang telah terlebih dahulu memulai babak penyisihan grup.

Kemenangan 2-0 atas Bangka belitung di laga perdana, diyakini anak asuh Ansyari Lubis bisa menjadi juara grup guna memastikan langkah ke PON.

"Alhamdulillah, Sepak bola Sumut berhasil mengalahkan Bangka Belitung 2-0. Sabtu (26/10) Sumut lawan Sumsel. Semoga Sumut bisa merebut juara grup sehingga otomatis lolos ke PON," katanya.

Sementara Ketua kontingen Porwil Sumut Prof Agung Sunarno mengatakan pada Porwil tahun ini kontingen total berjumlah 248 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 160 atlet, 36 pelatih, 5 manajer, dan 47 ofisial.

Sebelumnya 160 atlet Sumut telah menjalani pemusatan latihan daerah mulai 1 Maret 2019 hingga jelang pemberangkatan ke Porwil.

"Kontingen Sumut total berjumlah 160 atlet terdiri dari 101atlet putra dan 59 putri. Kemudian 36 pelatih, 5 manajer, 47 ofisial. Total ada 248 ofisial Sumut yang berlaga di Porwil Sumatera," ucapnya.

Porwil Sumatera yang diikuti oleh 10 Provinsi se Sumatera akan memperebutkan total 167 medali emas, 167 perak, dan 222 perunggu.

Sumut akan berlaga di 11 cabang olahraga yang dipertandingkan, diantaranya sepakbola (20 orang), biliar (7 orang), kempo (14 orang), catur (5 orang), renang (11 orang), atletik (25 orang), tinju (17 orang), muay thai (12 orang), panjat tebing (9 orang), bulutangkis (16 orang), dan bola voli (28 orang).
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019