Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir menggelar pelatihan seni pertunjukan bagi pegiat seni di "Negeri Indah Kepingan Surga".

Kegiatan diselenggarakan selama tiga hari, 24-26 Oktober 2019, di Hotel JTS Parbaba, Pangururan.

Thompson Hs, Direktur Artistik di Pusat Latihan Opera Batak (PLOt) Pematangsiantar dan Dra Ruth Hertami Dyah Nugrahaningsih MSi PhD, Lektor Kepala dan dosen sendratasik Unimed dan Irwansyah Harahap, komposer dan dosen di Etnomusikologi USU sebagai narasumber.

Peserta pelatihan sebanyak 40 orang yang terdiri dari guru-guru kesenian dan pengelola/perwakilan sanggar-sanggar seni.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengapresiasi kegiatan yang dinilai suatu bentuk nyata aplikasi program Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo, yakni pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Bupati juga mengatakan bahwa Pemkab Samosir mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk bidang pariwisata yang akan dipergunakan menggelar even-even, yang kebanyakan bertema seni dan budaya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Daulat Nainggolan melaporkan, maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan untuk mengembangkan keterampilan para pegiat seni agar mampu merencanakan seni pertunjukan di wilayah masing-masing.

Selain itu, mampu menyelenggarakan kegiatan budaya yang menarik untuk dikunjungi wisatawan serta mampu mengembangkan kreativitas kegiatan seni pertunjukan secara optimal.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019