Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi kembali menyambut sebanyak 175 orang pengungsi korban kerusuhan bencana sosial Wamena, Provinsi Papua di kantor Gubernur Sumut di Medan, Senin (21/10).

"Hari ini kita kembali menyambut kedatangan 175 pengungsi asal Sumut dari Wamena, namun di antaranya ada empat warga Aceh Tenggara dan tiga warga Riau," kata Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Ia menambahkan, semua fasilitas kedatangan pengungsi Wamena mulai diberangkatkan dari Wamena sampai di Kota Medan dan hingga dipulangkan ke daerah tujuan asal mereka semuanya ditanggung oleh pemerintah daerah dalam hal ini BPBD Sumut.

"Saya minta bupati dan wali kota di sejumlah daerah untuk memastikan agar semuanya para pengungsi ini dilayani dengan baik, diurus segala keperluan kehidupannya serta keberlanjutan anak untuk sekolah anak jangan sampai putus sekolah," katanya.

Sementara itu Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mengatakan 175 pengungsi dari Wamena ini akan dipulangkan ke 15 kabupaten/kota di Sumut dan tujuh di antaranya merupakan warga daerah Aceh Tenggara dan Riau yang diserahkan langsung kepada pemerintah bersangkutan.

"Selain memfasilitasi kepulangan dari Wamena dan ke daerah tujuan masing-masing, BPBD Sumut juga memberikan bantuan seperti pakaian, sembako dan uang saku kepada 175 pengungsi," tambanhya.
 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019