Jajaran Polres Samosir bersama Pemerintah Kabupaten dan elemen masyarakat menanan 29 jenis tanaman produktif pada kegiatan gerakan penanaman sejuta pohon di kawasan Danau Toba pada Selasa (15/10).

Tanaman itu berupa bibit makadame, mahoni, mangga, jambu bol, sirsak, buah pala, durian, manggis, hoting, rambutan, modang, calamus, kemenyan, hapas-hapas, turi-turi, nangka hutan, manggis hutan, mayang, rasamala, salagundi, aghatis, trembesi, kayu pacat, simartolu, andalehet, kulit manis, banitora dan Junjung Buhit.

Bibit sebanyak 2.310 batang itu ditanam di kawasan wisata Taman Raya Arboretum Aek Natonang, Desa Tanjungan, Kecamatan Simanindo.

Kapolres Samosir AKBP Muhammad Saleh  mengatakan, kegiatan bertujuan untuk antisipasi terjadinya longsor dan menjaga kelestarian alam serta keseimbangan iklim di kawasan Danau Toba. 

"Fungsi pohon sangat penting bagi kehidupan manusia, begitu juga dengan satwa. Jagalah kelestariannya untuk anak cucu kita nanti," ajak M Saleh.

Untuk itu, seluruh masyarakat Samosir secara bersama-sama melakukan pengawasan dan perawatan setiap batang pohon yang sudah ditanam agar bisa tetap tumbuh dan berkembang. 
 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019