Sebanyak 3.926 bilal mayit yang ada di Kabupaten Langkat menerima bantuan dari pemerintah daerah setempat sebesar Rp 250.000 per orang.

Dimana secara simbolis diserahkan Bupati Langkat Terbit Rencana Peranginangin untuk wilayah Langkat Hulu kepada 214 orang, di Kuala, Selasa.

Bantuan yang diserahkan sebesar Rp 53.500.000 yang diterima perwakilan bilal mayit.

Usai menyerahkan bantuan Bupati Langkat memberikan hadiah berangkat haji kepada satu orang bilal mayit dan berangkat umroh kepada 18 orang bilal mayit Kecamatan Kuala, secara gratis. 

Terbit berharap sedikit bantuan  yang diberikan ini tidak membuat para bilal mayit kehilangan rasa syukur dengan melihat nilai materilnya, namun lihatlah kepedulian Pemkab Langkat, kepada semua masyarakatnya.

“Kami menyadari bantuan ini tidak besar, namun harapannya bantuan ini bisa bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari,”ujarnya.

Bupati juga menyampaikan bantuan ini sebuah penghargaan dan ucapan terima kasih  Pemkab Langkat kepada bilal mayit, atas bantuannya selama ini dalam menunaikan fardhu kifayah.

Sebab profesi ini, tidak semua orang mau melaksanakannya, karena selain tidak mendapatkan standard upah (gaji) juga harus siap menerima tugas selaman 24 jam, katanya.

“Kapanpun harus siap sedia, saat umat membutuhkan, meski demikian, para bilal mayit ini tetap melaksankannya dengan keihklasan, untuk menjalankan sekaligus menyelesaikan penyelenggaraan fardhu kifayah ini," sambungnya.

Kepala Bagian Sosial Syahrizal menjelaskan bantuan ini akan diberikan kepada seluruh bilal mayit yang ada di Kabupaten Langkat, dengan jumlah keseluruhan 3.926 orang dan total anggarannya Rp 981.500.000, dengan masing-masing menerima Rp 250.000.

"Lokasi penyerahan bantuan dibagi tiga lokasi, yaitu di Langkat Hulu yang saat ini telah dilaksanakan, selanjutnya di Langkat Hilir dan Teluk Aru," katanya. 

Sementara satu orang yang diberangkatkan haji gratis yaitu Boiman Ginting (47) warga Desa Bekiung Kecamatan Kuala dibiayai dari Pemerintah Kabupaten Langkat.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019