Bupati  Langkat Terbit Rencana Peranginangin berharap pimpinan satuan kerja perangkat daerah maupun camat dapat memfasilitasi inovasi desa sehingga bisa semakin maju dan berkembang.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Langkat Hulu tahun 2019, di Jambur Serba Guna Jalan Binjai-Kuala Desa Tanjung Merahe Kecamatan Selesai, Kamis.

Ini diharapkan agar konstruksi desa menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera, sebagaimana yang di amanahkan dalam undang-undang desa, lekas tercapai, katanya.

"Ini juga termasuk salah satu upaya pendukung terlaksananya inovasi desa, yaitu terbentuknya forum bumdes, maka diharapkan forum bumdes di Langkat menjadi wadah kordinasi dan konsultasi para pelaku bumdes, saat mengembangkan usaha bumdes di masing–masing desa," katanya.

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa, sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping DD dan ADD dalam menyelenggarakan pembangunan pedesaan, sambungnya.

Bupati juga menjelaskan kegiatan ini dapat menjadi forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. 

Sementara pelaksana tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Langkat, Musti Sitepu mengatakan kegiatan ini dikelola  oleh tim program inovasi desa di masing-masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada Dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur Dinas terkait. 

Sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan terpusat (satu tempat), namun ditahun ini berdasarkan Juknis operasional program inovasi desa tahun 2019 dari Kemendes PDTT dilaksanakan per klaster atau di masing-masing wilayah dalam kabupaten. 

Sehingga kita membagi kegiatan ini menjadi tiga wilayah yaitu Klaster  Langkat Teluk Aru yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 30 September 2019  di Pertamina Pangkalan Brandan, dan saat ini di Langkat Hulu, terakhir  di Langkat Hilir, katanya.  

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019