PT Hutama Karya (Persero)  kembali menyabet penghargaan pada ajang BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Award 2018. Ini merupakan kali kedua Hutama Karya meraih penghargaan dalam ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia. 

Pada kesempatan ini Hutama Karya berhasil menyabet gelar BUMN Hadir Untuk Negeri Tahun 2018 terbaik dengan kriteria koordinasi dan kerja sama PIC, Co PIC, dan pihak lainnya pada pelaksanaan BHUN tahun 2018 di Provinsi Sumatera Utara

Dimana Hutama Karya mengemban tugas sebagai PIC dan berkolaborasi dengan beberapa Co PIC diantaranya PT Pelni (Persero), PT KIM (Persero), PT Nindya Karya (Persero), PT Djakarta Lloyd (Persero) dan PT Pos Indonesia (Persero).

Bertempat di Inaya Bay Hotel Komodo, Labuan Bajo – Nusa Tenggara Timur, penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri BUMN RI, Rini M. Soemarno kepada para pemenang disela-sela rangkaian kegiatan Rapat Koordinasi BUMN 2019 bersama
jajaran Kementerian bUMN dan seluruh Direktur Utama BUMN pada Minggu (6/10).

Tak lupa Rini memberikan selamat kepada para pemenang dan sekaligus berpesan kepada direksi dan pimpinan perusahaan BUMN agar konsisten melaksanakan kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di tahun-tahun selanjutnya dan tak lupa berkontribusi bagi masyarakat. 

“Ayo buat BUMN lain jangan mau kalah untuk tahun depan menyelenggarakan kegiatan BHUN lebih baik lagi sebagai bentuk nyata
kontribusi kita sebagai BUMN bagi masyarakat,” ujar Rini usai memberikan penghargaan kepada para pemenang.

Selain meraih gelar BHUN 2018 terbaik, Hutama Karya sebagai PIC BHUN di Sumatera Utara juga memenangkan penghargaan Dokumentasi BHUN Tahun 2018 terbaik pertama dengan kriteria berdasarkan publikasi yang dimuat pada website http://untuknegeri.bumn.go.id dan http://infopkbl.bumn.go.id; ekspos media online, cetak, sosial, TV/radio, serta laporan akhir pelaksanaan BHUN tahun 2018.

Ditemui setelah menerima penghargaan secara langsung dari Menteri BUMN, Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan mengatakan bahwa pihaknya merasa sangat bangga atas pencapaian yang diraih. 

"Alhamdulillah kami kembali diberi kepercayaan untuk memenangkan BHUN Award 2018 untuk dua kategori sekaligus. Ini merupakan kali kedua Hutama Karya memenangkan ajang yang sama setelah tahun lalu kami berhasil meraih gelar pelaporan terbaik untuk BHUN Award 2017,” ungkap Fauzan menerangkan. 

Lebih lanjut Fauzan juga memberikan apresiasi kepada semua pihak atas kolaborasi dan sinergi yang baik. 

“Terima kasih kami ucapkan kepada PELNI, KIM, Nindya Karya, Djakarta Lloyd, dan Pos Indonesia sebagai Co-PIC yang sudah berkolaborasi sangat baik dengan Hutama Karya untuk pelaksanaan kegiatan mulai dari program SMN hingga pesta rakyat HUT RI Ke 73 yang tahun lalu diselenggarakan di Lapangan PT KIM. Ini merupakan bentuk nyata kolaborasi BUMN Hadir Untuk Negeri," katanya.

Seperti diketahui, Hutama Karya-Pelni-KIM-Nindya Karya-Djakarta Lloyd-Pos Indonesia dengan Hutama Karya sebagai koordinator merupakan 6 BUMN yang mendapat amanah dari Kementerian BUMN untuk melaksanakan program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) 2018 di Provinsi Sumatera Utara. 

Kegiatan ini serentak diselenggarakan di 34 provinsi sebagai wujud nyata kontribusi BUMN dalam membangun negeri. BUMN Hadir Untuk Negeri terbagi atas 3 kegiatan utama yakni Program Siswa Mengenal Nusantara, Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, serta Jalan Sehat dan Pesta Rakyat. 

Kegiatan ini adalah juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Sinergi BUMN Hadir untuk Negeri.

Lebih lanjut Fauzan menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan BHUN Provinsi Sumatera Utara yang terstruktur dan bervariasi dengan melibatkan berbagai pihaklah yang membuat kolaborasi 6 BUMN ini meraih predikat terbaik pertama. 

Dalam pelaksanaannya pihaknya memang benar-benar mengkonsepkan kegiatan secara matang sehingga tidak ada yang missed dalam pelaksanaannya. 

Ia mengaku masih ingat betul bahwa pihaknya adalah satu-satunya tim yang melaksanakan kegiatan BHUN 2018 selama 14 hari atau kurang lebih dua minggu. 

"Selain itu, untuk program SMN kami difasilitasi oleh PELNI membawa peserta SMN Sumatera Utara ke Ibukota terlebih dahulu menggunakan kapal dengan menghadirkan berbagai edukasi tentang BUMN selama perjalanannya," katanya.

BHUN 2018 menjadi kegiatan yang berkesan bagi Hutama Karya dan kelima BUMN lainnya karena berhasil menyinggahkan para peserta SMN ke Gedung Kementerian BUMN yang diterima langsung oleh Deputi bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN, Hambra dan Staf Khusus III Menteri BUMN, Wianda Pusponegoro.

 

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019