Keberhasilan Syarfi Hutauruk memimpin Kota Sibolga sampai memasuki akhir jabatannya di periode kedua tidak terlepas dari solidnya para staf yang dipercayai membantu tugas-tugasnya.

Tidak jarang pula orang nomor satu di kota itu mengajak para stafnya di waktu luang untuk rekreasi bersama sekaligus mengecek pembangunan yang sedang digulirkan Pemkot Sibolga.

Bersepeda santai dan joging bersama dengan para stafnya sudah menjadi kebiasaan dari suami Delemeria Sikumbang itu. Selagi berada di Sibolga, Sabtu-Minggu menjadi waktu istimewa bagi Syarfi Hutauruk untuk berdiskusi santai dengan para stafnya di lokasi-lokasi sederhana yang ada di Sibolga dan Tapanuli Tengah.

Dan jika ada undangan warga yang berpesta, wali kota terlebih dahulu menyempatkan waktunya menghadiri undangan baru dilanjut dengan kegiatan santai.

Untuk hari ini saja wali kota “memboyong” para stafnya yang terdiri atas para pimpinan OPD dan Sekretaris Daerah ke kawasan Batang Toru, Tapanuli Selatan. Karena di kawasan itu ada kebun milik Syarfi.

Di tempat itu wali kota melayani para stafnya dengan masakan sup kerbau olahan mantan anggota DPR-RI tiga periode itu.

"Sesekali kalian dulu yang jadi bos, saya yang jadi pelayan, kan jarang-jarang bisa menikmati masakan plus pelayanan dari seorang wali kota," ucap Syarfi sembari bercanda.

Barang tentu layanan dari pimpinan itu membuat para stafnya pada salah tingkah. Karena tidak dibayangkan sebelumnya, komandan mereka akan melayani mereka satu per satu dengan sup kerbau yang diolah sendiri oleh sang bos.

“Slow saja, mari kita nikmati liburan ini, karena besok kita akan bekerja dengan serius untuk melayani masyarakat,” ujar wali kota sembari mengisi kuah sup satu per satu ke mangkuk para stafnya.

Di kebun milik Syarfi Hutauruk ini, berbagai tumbuhan dan sayur mayur ditanami, dan sudah beberapa kali panen. Tidak jarang pula mantan wartawan itu membagikan hasil panennya kepada para staf sembari mengajarkan agar mereka memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam sebagai selingan setelah pulang kerja.

Selain tumbuhan seperti pisang, pepaya, dan sayur mayur, Syarfi juga memelihara ayam di kebun miliknya. Suasana damai dan tenang dapat dirasakan di sana.

Begitulah cara Wali Kota Sibolga menjalin kedekatan dengan para stafnya, sehingga ikatan emosial dalam bekerja semakin dirasakan, dan juga kedekatan antara pimpinan dengan bawahan semakin terjaga.   

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019