Sebanyak 35 anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Utara periode 2019-2024 mengikuti agenda pelantikan yang dipimpin Ketua Pengadikan Negeri Tarutung, Zefri Mayeldo Harahap, di gedung rapat paripurna DPRD setempat, Senin (30/9).

Dari 35 orang wakil rakyat yang duduk di kursi terhormat periode lima tahun ke depan, wajah baru mendominasi sebanyak 21 orang atau sekitar 60 persen, sementara 40 persen lainnya atau 14 orang merupakan petahana yang kembali duduk untuk menampung aspirasi konstituennya.

Diantara para pemilik wajah baru wakil rakyat, terdapat sembilan politisi asal PDIP, yakni Andri Hamonangan Nababan, Prido Erwin Sinaga, Bomper Sianturi, Ombun Simanjuntak, Tono Basuki Oppusunggu, Sondang boru Simaremare, Arifin Rudi Nababan, Jimmi Limhoet Tambunan, dan Jono Panjaitan.

Kemudian, wakil rakyat asal Partai Hanura, yaitu Parsaoran Siahaan, Jonri Tampubolon, juga, Royal Simanjuntak, dan Herman Manalu dari PKB.

Dan, Tohonan Lumbantoruan, Jason Pasaribu dari Perindo, serta Timmas Saut Sitompul, Toman Balige Silitonga dari PKPI.

Selain itu, ada juga Jesayas Manalu, dan Mangoloi Pardede dari Partai Nasdem, Joni Tombang Marbun dari Partai Golkar, serta nama mendiang Sahat Hara Simorangkir yang rencananya digantikan Martohap Aritonang dari Partai Demokrat.

Sementara, dalam daftar 40 persen petahana, tercatat nama Poltak Pakpahan dari PDIP, dan empat wakil rakyat asal Nasdem, seperti Fatimah boru Hutabarat, Kasnur Silaban, Maradona Simanjuntak, dan Mauliate Sitompul.

Juga, politisi partai Golkar, Lamhot Sipahutar, Reguel Simanjuntak, Ronal Simanjuntak, dan Antonius Tambunan.

Selanjutnya, Tota Situmeang, dan Frengky Simanjuntak dari Partai Hanura.

Serta, Novada Sitompul dari PKB, Dapot Hutabarat dari Demokrat, juga Sahat Sibarani dari Gerindra.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Tapanuli Utara, Rahman Situmeang menyebutkan, agenda pelantikan didasari Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara nomor 188.44/571/kpts/2019 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Tapanuli Utara Masa Jabatan 2014-2019 dan Peresmian Pengangkatan DPRD Tapanuli Utara Masa Jabatan 2019-2024.

Agenda pelantikan turut dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah, tokoh politik lintas partai, tokoh masyarakat lintas ormas dan sanak keluarga 35 dewan yang dilantik.

Berdasarkan jenis kelamin, dari 35 anggota dewan, hanya dua wakil rakyat yang dilantik, yakni Fatimah Hutabarat dan Sondang Simaremare.

Poltak Pakpahan dari PDIP, dan Fatimah Hutabarat dari Partai Nasdem, serta Reguel Simanjuntak kader Partai Golkar, sementara ditetapkan sebagai pimpinan DPRD Taput.

Baca juga: Hasil Pemilu 2019, 22 kursi DPRD Taput berpotensi diisi pendatang baru

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019