Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Asahan membagikan 1.000 masker kepada pengguna jalan. Hal ini dilakukan karena Asahan dalam beberapa pekan terus dilanda kabut asap. 

Pembagian masker yang dilakukan di seputaran Tugu Perjuangan di jalan Imam Bonjol Kisaran, Selasa (24/9), merupakan bentuk perang dan kepedulian terhadap dampak asap akibat kebakaran hutan dan lahan yang melanda Asahan. 

Ketua PWI Asahan Indra Sikoembang, SH mengatakan saat ini kota Kisaran masih dalam kondisi tidak sehat.  Hal ini mengacu pada aplikasi Visual Air bahwa indeks kualitas udara mencapai 165 air quality indeks (AQI). "Kualitas udara pada hari ini masih tidak sehat di Asahan,"  ucap Indra.  

Penggunaan masker merupakan salah satu solusi agar tidak terpapar asap terlalu parah. "Bagi masker ini merupakan bentuk edukasi,  agar masyarakat terbiasa gunakan masker saat udara tidak sehat," ujar Indra, sembari berharap kegiatan positif ini dilakukan oleh pihak lain.

Dari pantauan, kegiatan sosial itu mendapat perhatian dan apresiasi dari para pengguna lalulintas. Para pengguna jalan tampak antusias menyambut masker yang disodorkan puluhan anggota PWI Asahan itu. 

Pewarta: Rel

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019