Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara mengimbau warga untuk menerapkan tips kesehatan, selain langkah pembagian masker dalam menyikapi tebalnya kabut asap kiriman yang menyelimuti daerah itu selama sepekan terakhir.

"Kita imbau warga menerapkan tips sehat dalam menyikapi tebalnya kabut asap kiriman yang melanda Taput," terang Kepala Dinas Kesehatan Taput, Alexander Gultom, Senin (23/9).

Disebutkan, melihat kondisi pencemaran udara yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan di beberapa provinsi yang menimbulkan kabut asap yang cukup tebal dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan, pihaknya mengimbau agar masyarakat mengurangi aktifitas di luar ruangan bila tidak ada kepentingan yang mendesak. 

"Kita juga berharap agar warga menerapkan  tips sehat, yakni mengggunakan masker, terapkan perilaku hidup bersih dan sehat, perbanyak minum air putih, kurangi aktivitas di luar rumah, dan segeralah ke sarana pelayanan kesehatan bila mengalami gangguan pernafasan," sebut Alex.

Imbauan ini disampaikan Pemkab Taput dalam menyikapi ketebalan kabut asap kiriman yang melanda wilayah itu, sepekan terakhir.

"Kita sudah membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat, termasuk kepada murid sekolah dasar di wilayah kecamatan, baik secara langsung maupun melalui kerjasama dengan seluruh puskesmas yang ada. Harapan kita, pembagian masker serta imbauan menerapkan tips sehat mampu meminimalisir dampak kabut asap," ujarnya.

Diinformasikan juga, hingga saat ini, belum ada dampak signifikan peningkatan penderita infeksi saluran pernafasan akut yang diakibatkan oleh fenomena tebalnya kabut asap kiriman yang menyelimuti wilayah itu.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019