Pemerintah Kota Binjai memberikan penghargaan kepada 64 orang atlet dan pelatih dalam rangka hari Kesadaran Nasional sekaligus Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-36 di Lapangan Kantor Walikota Binjai, di Binjai, Selasa.

Dalam peringatan Hari Olahraga Nasional kota Binjai tahun ini, Pemko Binjai memberikan penghargaan kepada 64 orang yang terdiri dari 44 atlet dan 20 orang pelatih.

Pemberian penghargaan dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Binjai kepada M Khairudin Syahputra atlet atletik meraih tiga emas pada Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara 2019.

Bagus Rivai Yus atlet Taekwondo penyumbang medali emas pertama untuk kontingen Kota Binjai pada Pekan Olahraga Provinsi Sumut 2019, Alfa Sandro Frisco Sitohang atlet gulat meraih mendali emas pada Pekan olahraga Provinsi Sumut 2019, Rizky Lawyer Napitupulu atlet karate meraih medali emas pada ajang Piala Panglima tahun 2019.

Wali kota Binjai Muhammad Idaham SH MSi membacakan amanat Menpora Imam Nahrawi mengatakan bahwa pembinaan atlet muda berbakat yang didukung oleh talent indentification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN School Games (ASG) 2019 di Semarang.

Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu, katanya.

Lebih membanggakan lahi atlet disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 mendali terdiri dari 37 emas, 47 perak, dan 51 perunggu, sambungnya.

Itu pertanda bahwa kita telah menata fondasi olahraga prestasi yang cukup kuat dimulai dari usia dini, atlit unggulan dan disabilitas.

"Dengan demikian kita telah memiliki harapan besar untuk membangun olahraga prestasi dengan melakukan pembinaan secara berjenjang," katanya.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019