Sarah Noverta Rahel Purba yang merupakan Duta Genenasi Berencana (GenRe) utusan Kota Sibolga terpilih sebagai Juara 1 Duta GenRe kategori Putri Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019.

Penganugerahan juara itu digelar pada malam puncak Duta GenRe Tingkat Provinsi Sumatera Utara di sebuah hotel di Medan Jumat (30/8) malam. Demikian disampaikan Kadis Kominfo Sibolga Hermanto Harahap kepada wartawan di Sibolga, Sabtu (31/8).

Sebelumnya Sarah Noverta Rahel Purba yang akrab dipanggil Sarah merupakan Duta GenRe Putri Kota Sibolga Tahun 2019 yang terpilih melalui jalur pendidikan yang digelar oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Sibolga.

Putri dari pasangan Yanto Hendra Purba dan Masnur Lina Lase ini berhasil menyisihkan 24 finalis putri lainnya yang merupakan para Duta GenRe tingkat kabupaten/kota se-Sumut.

Peserta Duta GenRe Tingkat Sumut Tahun 2019 telah mengikuti masa karantina selama 3 hari. Seluruh finalis diberikan pembekalan mengenai substansi program kependudukan, keluarga berencana, pembangunan keluarga, pengembangan diri/kepribadian, serta public speaking.

Dijelaskan Hermanto, program GenRe merupakan program yang dikembangkan pemerintah melalui BKKBN, untuk merespons permasalahan remaja saat ini.

Program GenRe mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda, mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya.

“Program GenRe bertujuan menghasilkan para remaja yang mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi, sehinga para remaja dapat berkontribusi maksimal dalam pembangunan bangsa dan negara,” ujarnya.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019