Pengesahan R-APBD Kota Sibolga tahun anggaran 2020 melalui sidang Paripurna DPRD Sibolga, Selasa (20/8), diwarnai dengan pantun berjudul "Di sana kosong di sini kosong," antara anggota DPRD Sibolga dengan Wali Kota Sibolga.

Pantun yang mengundang tawa anggota Dewan terhormat itu berawal ketika Fraksi Golkar DPRD Sibolga menyampaikan pandangan akhirnya terhadap jawaban Wali Kota Sibolga tentang R-APBD Kota Sibolga tahun 2020 yang disampaikan oleh, Suryanti Sidabutar.

Ada pun pandangan Fraksi Golkar atas jawaban Wali Kota Sibolga itu direspon dengan sembilan masukan kepada Wali Kota Sibolga, yang terdiri dari masukan kepada PDAM Tirta Nauli Sibolga untuk mempersiapkan rancangan organisasi terkait perubahan nama BUMD.

Demikian juga tentang Dinas Perhubungan diminta agar proyek pematangan lahan terminal truk Sibolga segera ditenderkan.

Untuk penyerapan anggaran di dinas-dinas agar diperhatikan sehingga tidak lambat diawal tapi cepat diakhir.

Sedangkan terhadap perangkat daerah atau pimpinan OPD Fraksi Golkar juga meminta agar ditempatkan orang-orang yang sesuai kemampuan dengan jabatannya.

Terkait anggaran beasiswa kepada putra-putri Sibolga untuk jenjang S2-S3 didukung sepenuhnya oleh Fraksi Golkar.

Tidak lupa Fraksi Golkar juga meminta agar Pemkot Sibolga mempersiapkan diri terkait pengembangan wisata Danau Toba yang sudah menjadi skala pririntas pemerintah pusat, karena pasti berimbas kepada daerah Sibolga.

Tidak ketinggalan pemberantasan peredaran narkoba harus diprioritaskan di Kota Sibolga demi masa depan anak-anak Sibolga.
Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk bersama Wakil Ketua DPRD Sibolga, Jamil Zeb Tumory terlibat pembicaraan usai Sidang Paripurna DPRD Sibolga, Selasa (20/8) di DPRD Sibolga. (Antara Sumut/Jason Gultom) (Antara Sumut/Jason Gultom)

Disebutkan, bawah Fraksi Golkar telah membangun komunukasi dengan Dinas PU-PR Provinsi Sumut melalui Ketua Golkar Sibolga Jamil Zeb Tumory di rumah Wakil Gubernur Sumatera Utara.

Diharapkan Pemkot Sibolga dapat melanjutkan komunikasi yang sudah terjalin baik itu. Tidak lupa masalah asuransi nelayan agar tetap diperhatikan Pemkot Sibolga sehingga nelayan terlindungi.

Untuk permasalahan di RSUD Sibolga diharapkan untuk diselesaikan secara kekeluargaan. Dan Fraksi Golkar mendukung pengembangan RSU Sibolga untuk lebih baik lagi.

“Sebelum saya mengakhiri pembacaan pandangan akhir Fraksi ini, izinkan saya membacakan pantun dari bapak Jamil Zeb Tumory selaku Ketua Golkar Sibolga yang juga Wakil Ketua DPRD Sibolga. Begini isi pantunnya: “Di sini kosong di sana kosong tidak ada pohon tembakau. Dari pada kita berbohong lebih baik kita tolong menolong,” kata Suryanti.

Sontak puisi yang menggelitik itu membuat anggota dewan dan undangan yang hadir bertanya-tanya apa maksud dan tujuan puisi di sana kosong di sini kosong karya dari Jamil Zeb Tumory itu.

Tidak ketinggalan Wali Kota Sibolga dalam pidatonya atas disetujuinya R-APBD Kota Sibolga tahun anggaran 2020 oleh DPRD Sibolga, membalas pantun Jamil.

Berikut isi pantun dari Wali Kota Sibolga: “Di sana kosong di sini kosong, membuat rakyat jadi bahagia. Pemerintah dan DPRD tidak berbohong agar kita tidak berurusan dengan KPK,” ucap Syarfi.

Balasan pantun mantan anggota DPR-RI tiga periode itu disambut tepuk tangan oleh anggota dewan.

Syarfi juga menambahkan bahwa pembahasan anggaran Pemkot Sibolga itu adalah niat yang tulus karena di sana kosong di sini kosong.

“Atas nama Pemerintah Kota Sibolga saya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Sibolga yang sudah menyetujui R-APBD Sibolga tahun anggaran 2020 ini yang melalui pembahasan yang cukup panjang. Kiranya kita semua dalam menjalan tugas dilindungi oleh Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT,” tutup Syarfi.
 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019