Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) mengadakan media briefing sistem pembayaran Quick Response Indonesia Standard (GL QRIS) di Lantai III Gedung BI di Jalan H Adam Malik Pematangsiantar, Senin (18/8).

Acara dipimpin Kepala Tim, Poltak Sitanggang didampingi Kepala Unit  Pengawasan Sistem Pembayaran, Syafitri dan Asisten Manager Pengawasan Sistem Pembayaran, Akim Kuncorojati

Dipaparkan, QRIS merupakan standar QR Code Sistem Pembayaran Indonesia yang dikembangkan BI dan Asosiasi Sistem 
Pembayaran Indonesia (ASPI) berbasis teknologi.

QRIS yang diluncurkan BI memiliki slogan "UNGGUL" (Universal, Gampang, Untung, dan Langsung) untuk mendorong efisiensi perekonomian, mempercepat keuangan inklusif, dan memajukan UMKM yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi untuk Indonesia Maju.

Implementasi pelaksanaan QRIS secara nasional diagendakan mulai 1 Januari 2020 dengan pemberian masa transisi bagi Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) 31 Desember 2019.

BI melaksanakan grand launching QRIS selepas pelaksanaan upacara bendera memperingati Hari Kemerdekaan Ke 74 RI secara serentak di Kantor Pusat dan 46 Kantor Perwakilan di seluruh Indonesia.

Di Pematangsiantar, grand launching dibuka Kepala Kantor Perwakilan Edhi Rahmanto Hidayat didampingi perwakilan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD), Ong Efendi.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019