Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mengapresiasi Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) karena dinilai sangat positif dalam upaya menanamkan rasa cinta tanah air sejak dini kepada siswa.

"Hal ini sangat positif. Indonesia kaya dengan berbagai budaya dan berbagai potensi lainnya. kekayaan itu harus kita tanamkan kepada para generasi muda," kata Asistem Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Sulawesi Tengah Dr Ir Bunga Elim Somba, di Palu, Jumat.

Hal itu ia sampaikan saat Pembukaan Program SMN yang juga dihadiri sejumlah pejabat BUMN seperti PIC BUMN Hadir Untuk Negeri Sulteng dari PT, Inalum Indra Welly, Co.PIC BUMN hadir Untuk Negeri Sulteng dari BGR Logistic Suprapto .

Juga hadir Pasiter  Kodim 1306/Donggala Kapten Inf.Saselah, serta perwakilan dari Dinas pendidikan Provinsi Sulteng.

"Terima kasih kepada BUMN yang mengagas program SMN ini yang tentunya sangat bermanfaat untuk mencintai Indonesia sebenarnya," tambahnya lagi.

Sementara perwakilan PT.Inalum selaku PIC program SMN untuk Sulawesi Tengah, Indra Welly, menyebutkan keaneka ragaman kekayaan nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung dengan komponen pemerintah dan masyarakat di provinsi yang dikunjungi.

Dengan mengenal suku dan budaya di tempat lain khususnya di Sumut, siswa SMN Sulteng dapat mengetahui begitu kayanya potensi keanekaragaman suku budaya dan dapat menjalin hubungan yang harmonis satu sama lainnya.

"Inilah Indonesia yang dengan keanekaragamannya mampu mengikat tali persaudaraan dan menjadi Indonesia Satu, sebagai wujud nyata untuk cinta negeri sebagaimana tema dari SMN tahun ini," katanya.

SMN 2019 ini diikuti oleh 35 siswa yang berasal dari 33 kabupaten dan kota di Sumatera Utara, termasuk dua diantaranya siswa berkebutuhan khusus dan akan berangkat ke Sulawesi Tengah.

PIC dari Program SMN 2019 di Provinsi Sumatera Utara yakni PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV dan Co-PIC adalah PT. Kawasan Industri Medan (KIM) dan Jasa Tirta I.

Sementara siswa dari Sulawesi Tengah yang berangkat ke Sumatera Utara sebanyak 23 orang ditambah 3 guru pendamping yang dikoordinir PT.Inalum bersama BGR Logistic.


 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019