PTPN IV selaku PIC program Siswa Mengenal Nusantara "BUMN Hadir Untuk Negeri" dengan Kodam I Bukit Barisan resmi membuka kegiatan pelatihan bela negara yang diikuti 23 Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulawesi Tengah yang berlangsung selama dua hari di Kavaleri 6/NK Asam Kumbang Medan, Jumat (16/8). 

Dalam amanat Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah yang dibacakan Wakil Asisten Teritorial Kodam I Bukit Barisan Letkol Arm Azhari di Medan, Jumat (16/8) mengatakan melalui kegiatan bela negara ini para siswa SMN peserta PTNP IV asal Sulteng dapat menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air kedisplinan, kebanggaan terhadap NKRI dan memupuk soliditas sesama anak bangsa generasi muda sehingga kesadaran bela negara bisa dimiliki oleh seluruh generasi muda bangsa Indonesia.

"Selain itu diharapkan bisa memupuk kebersamaan antara generasi muda sehingga tercipta kerukunan dan keakraban anak bangsa yang beranekaragaman suku dalam ajang mempersatu bangsa generasi muda," katanya.

Sementara itu Kabag SDM PTPN IV Budi Susanto menyampaikan terima kasih kepada Kodam I Bukit Barisan yang telah bersedia menerima Siswa Mengenal Nusantara (SMN) asal Sulteng untuk memberikan pelatihan terkait dengan bina mental kemudian wawasan kebangsaan pada akhirnya dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap negara Indonesia. 
 
Para Siswa Mengenal Nusantara peserta PTPN IV asal Sulteng berfoto bersama pada pembukaan pelatihan bela negara di Kavaleri 6/NK Asam Kumbang, Medan, Jumat (16/8). (Antara Sumut/Septianda Perdana)

"Target kami dalam dua hari ini kepada TNI, semua siswa memiliki pemahaman tentang wawasan kebangsaan kemudian semangat nasionalisme, soliditas, kekompakan dan kebersamaan tim sehingga setiap kegiatan nantinya bisa menghasilkan sesuatu yang bernilai terkait dengan rasa cinta tanah air bangga sebagai anak bangsa anak Indonesia," katanya.

Ia menambahkan selain itu kegiatan ini merupakan bagian proses pendidikan dalam meningkatkan kedisiplinan para siswa. 

"Sama-sama kita ketahui bahwa salah satu budaya disiplin sangat dibutuhkan dalam BUMN dimana bisa meningkatkan kompetensi kemudian kinerja karena dengan semangat disiplin kinerja yang dihasilkan pasti jelas akan sangat baik," tambahnya.

Baca juga: Yonkav 6/Naga Karimata latih disiplin peserta SMN asal Sulteng

Baca juga: Kesehatan peserta SMN asal Sulteng diperiksa

Baca juga: Kodam I/BB bagikan seragam militer kepada peserta SMN asal Sulteng

 

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019