Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2019 menyelesaikan mengarungi perairan kawasan di Danau Toba sejauh 135 kilometer dilaksanakan sejak 2 hingga 9 Juli 2019 dan kini, para pelajar asal Udara, Rimba dan Laut (URaL) SMA Negeri 28 Jakarta siap memecahkan rekor MURI.

Eksepedisi ini, resmi ditutup dengan digelar Closing Ceremony di Pelabuhan Tomok Kabupaten Samosir, Rabu (9/7) siang. 
Acara tersebut, dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Samosir, Jabiat Sagala serta jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, tokoh mayarakat Samosir dan puluhan pelajar di Kabupaten Samosir.

Ketua Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia URaL SMA Negeri 28 Jakarta, Argi Nurfajri mengungkapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan diberikan seluruh pihak. Baik dari Pemerintah hingga masyarakat setempat selama ekspedisi di Danau terbesar di Asian itu.

"Alhamdulillah kami ‎Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia 2019 sudah menyelesaikan ekspedisi dilakukan di Danau Toba," ucap Argi.

Selama 8 hari mengelilingi lingkar dalam perairan Danau Toba, Argi mengungkapkan banyak hal-hal yang baru ditemukan seperti keindahan dan pesona alam danau vulkanik terbesar di dunia itu. Tidak sampai disitu saja, kultur budaya batak dengan berbagai jenis kebudayaan mereka baru ketahui.

"Danau Toba sangat bagus dan layak untuk dikunjungi wisatawan dengan potensi pariwisata dimiliki serta kultur budaya. Hal ini, menjadi poin khusus dimiliki Danau Toba," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Divisi (Kadiv) Aminitas Dan Daya Tarik Wisata Badan Pelaksanaan Otoritas Danau Toba (BPODT), Ristiyanto mengharapkan ada tim-tim ekspedisi yang lain hadir di Danau Toba dan ikut mempromosikan pariwisata di daerah tersebut, secara luas.

"Harapan di dunia pariwisata di sini, pastinya kita ingin banyak ekpedisi lain yang tampil di Danau Toba ini. Ini potensi besar memajukan pariwisata. Dengan air yang ada, bisa dimanfaatkan untuk olahraga water spot," ujar ‎Ristiyanto.

Kemudian, ia mengatakan pihkanya, akan mengkaji kayak untuk dijadikan even olahraga internasional berlokasi di Danau Toba. Karena, melihat respon masyarakat yang baik dari ekspedisi ini.

"Untuk olahraga serupa bisa jadi sport tourism," katanya.
 

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019