Setelah menjelajahi perairan lingkar dalam ‎kawasan Danau Toba sepanjang 135 km, para atlet Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia dari Udara, Rimba dan Laut (URaL) SMA Negeri 28 Jakarta‎ berharap ada event kayak international di  Danau Toba. 

Atlet kayak Aryadhieni Farah Ayu Santoso, Minggu, mengatakan, Indonesia merupakan negara maritim yang banyak memiliki potensi. Ditambah lagi daerah perairannya sangat lekat dengan potensi wisata bahari.

"Kita banyak potensi, banyak daerah pariwisata, apalagi di Danau Toba ini bagus banget. Semoga wisata di Danau Toba semakin maju, karena saya lihat banyak sekali potensinya. Termasuk semoga bisa menggelar kompetisi kayak internasional di Danau Toba, dan kita bakal promosiin ini sebagai tempat wisatanya juga," ujarnya. 

Disampaikannya, olah raga kayaki memiliki keistimewaan tersendiri, di mana olahraga ini sangat menarik. Ia pun berharap, semoga olahraga ini dapat lebih digemari masyarakat. Sebab, daerah perairan di Indonesia lebih luas dibanding darat. 

"Untuk pribadi saya suka banget dengan kayak. Untuk kayak sendiri semoga bisa lebih digemari oleh orang banyak, lebih populer. Karena sebenarnya pantai-pantai di Indonesia itu ombaknya asik-asik, jadi asik banget untuk kayak," ucapnya. 

Ia pun menuturkan, saat ini banyak para pecinta alam lebih memfokuskan diri kepada gunung, mountenering dan sebagainya. Banyak pecinta alam yang sudah menaklukkan puncak El Brusse, Piramid, Carten dan segala macam. Namun, ia lebih tertarik dengan alam wisata bahari. 

"Nah, saya lebih memfokuskan pada daerah maritim, sebagai pusat. Karena belum banyak sispala-sispala yang fokus pada maritim. Sementara Indonesia itu lebih banyak daerah airnya," pungkasnya.

Baca juga: Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia siap pecahkan Rekor MURI

Baca juga: Untuk taklukkan Danau Toba, Tim Ekspedisi Kayak Pelajar Indonesia kuak proses latihan
 

Pewarta: Donny Aditra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019