Pemkot Binjai melakukan sosialisasi Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak.

Asisten Pemerintahan Pemerintah Kota Binjai Otto Harianto, di Binjai, Rabu, mengatakan keluarga adalah tempat dimana seorang anak lahir dan tumbuh untuk pertama kalinya, mengingat pentingnya peran keluarga dalam pembentukan generasi yang berkarakter secara mental dan spiritual. 

"Melalui kegiatan sosialisasi ini, saya minta agar keberadaan Puspaga dapat menjadi motor penggerak sekaligus teladan dalam mendorong terwujudnya keluarga yang harmonis, dan anti terhadap kekerasan dalam rumah tangga," sambungnya. 

Otto juga meminta agar "Puspaga" dapat dilaksanakan secara berjenjang mulai dari level kota, sampai dengan tingkat terendah, sehingga pendampingan terhadap masalah yang dihadapi keluarga dapat lebih menyeluruh.

Sementara Marhamah dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumut selaku narasumber membahas tentang mewujudkan kota layak anak melalui pembentukan Puspaga.

Layak anak mempunyai arti layak perempuan, lansia, disabilitas ,layak semua sebagai penerima manfaat pembangunan. 

Puspaga berfungsi sebagai layanan satu pintu keluarga, holistik integratif berbasis hak anak. 

Meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak, serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orang tua, keluarga guna menunjang tumbuh kembang anak secara optimal. 

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019