Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, mencanangkan Gema Losari (Gerakan Masyarakat Membuat Lobang Sampah di Lingkungan Rumah Sendiri) di setiap kecamatan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

"Dengan demikian diharapkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuah sampah sembarangan semakin meningkat," kata Bupati Serdang Bedagai, Soekirman, di Seirampah, Rabu.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan kerja Komisi D DPRD Provinsi Sumatera Utara di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai.

Dalam kesempatan itu ia mengatakan terkait dengan lingkungan hidup, saat dinilai sudah darurat dengan sampah plastik dan sudah menjadi kebiasaan buruk masyarakat yang membuang sampah di parit atau sungai.

Sampah-sampah itu, terutama sampah plastik terbawa arus sungai sampai ke laut sehingga akhirnya mencemari laut.

Baca juga: Serdang Bedagai tingkatkan pembangunan infrastruktur
Baca juga: Kasdim 0204/DS dampingi Bupati Sergai tinjau pelaksanaan UNBK
Baca juga: Pemkab Sergai optimistis Sungai Rampah jadi objek wisata unggulan

"Darurat sampah harus sama-sama kita tindaklanjuti sehingga tidak terjadi penumpukan sampah yang dapat mencemari lingkungan," katanya.

Sementara Ketua Komisi D DPRD Sumut, Sutrisno Pangaribuan, mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melihat kinerja dan melakukan pengawasan terhadap Dinas Lingkungan Hidup Serdang Bedagai.

Sekaligus juga menerima masukan saran dan pendapat yang dapat memajukan Kabupaten Serdang Bedagai "Tanah Bertuah Negeri Beradat" itu khususnya dalam hal kebersihan lingkungan.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019