Ratusan warga kota Medan melakukan donor darah di kantor palang merah indonesia (PMI) Sumatera Utara dalam rangka memperingati hari donor darah sedunia (HDDS) yang di gelar setiap tanggal 14 Juni.

Tingginya tingkat kesadaran warga kota Medan untuk mendonorkan darahnya mendapat apresiasi dari pihak PMI, dalam hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang (Wakabid) Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah Horas P. Rajagukguk SpB di Medan, Jumat

"Diharapkan dengan bertepatan dengan hari donor darah sedunia ini, masyarakat yang belum pernah mendonorkan darahnya, mau menjadi pendonor aktif," katanya.

Ia menambahkan, selain sebagai kegiatan kemanusiaan, donor darah juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Dengan mendonorkan darah secara teratur akan membantu merangsang produksi sel-sel darah baru yang akan membuat tubuh lebih sehat.

"Karena selain banyak manfaatnya bagi kesehatan seperti dapat mengencerkan darah di dalam tubuh, serta menurunkan resiko penyakit jantung dan kangker. Donor darah juga dapat membantu orang-orang yang membutuhkan darah untuk kebutuhan medis," ujarnya
Wakil Kepala Bidang (Wakabid) Pelayanan Kesehatan dan Donor Darah Horas P. SPB.  (Antara Sumut/Nur Aprilliana Br Sitorus)
.

Peringatan world blood donor day (WBDD) atau hari donor darah sedunia (HDDS) diperingati sejak tahun 2005 pada tanggal 14 Juni.

Tanggal ini merupakan hari kelahiran Karl Landsteiner pada 14 Juni 1868 seorang ilmuwan yang memenangkan Hadiah Nobel atas penemuan sistem golongan darah ABO.
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019