Harga sejumlah bahan pokok kebutuhan dapur rumah tangga di pusat perbelanjaan tradisional di Kota Pematangsiantar pada akhir libur umum Idul Fitri 1440 Hijriah mengalami kenaikan.

Pantauan, Minggu (9/6), di Pasar Dwikora Parluaan, Kelurahan Sukadame, Kecamatan Siantar Utara, kenaikan harga yang terbilang tinggi itu pada komoditas sayuran.

Di antaranya, cabai merah Rp 100.000 dari harga normal Rp36.000 per kilogram, bawang merah Rp 38.000 sampai Rp 40.000 dari Rp24.000, dan tomat buah Rp 13.000 dari Rp 8.000.

Menurut informasi sejumlah pedagang, para petani dari daerah pensuplai, Kabupaten Simalungun dan Tanah Karo belum semuanya aktif mengerjakan ladangnya, karena ikut liburan.

"Sebagian saja, makanya pasokan berkurang," kata Suyati, pedagang sayuran.

Kaum ibu mendesak Pemerintah Kota dan tim satgas pangan segera turun tangan, melakukan langkah antisipasi supaya harga tidak makin naik, dan utamanya menstabilkan harga.

"Mana tau ada permainan dari agen (pengumpul hasil bumi), memanfaatkan kesempatan, kami (kaum ibu) lagi butuhkan bahan untuk dimasak setelah libur panjang," kata Ida, warga Kecamatan Siantar Barat. 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019