Wakil Bupati Labuhanbatu Utara KRT Drs H Dwi Prantara MM menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-111 yang diselenggarakan di Lapangan Bhayangkara Aekkanopan, Senin.

Upacara tersebut dihadiri Sekdakab H Habibubddin Siregar AP MAP, para asisten, staf ahli, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dan pejabat dari TNI dan kepolisian serta undangan lain seperti organisasi kemasyaratan pemuda (OK) dan pelajar.

Pada kesempatan itu, wabup membacakan sambutan tertulis Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara yang antara lain mengingatkan kembali tentang Sumpah Palapa Gajah Mada yang bertekad mempersatukan nusantara.

“Sumpah Palapa tersebut merupakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia. Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada telah menjadi auan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jureterwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini,” katanya.

Peringatan Harkitnas ke-111 kali ini, tambahnya, sangat relevan jika jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tereebut. “Kita berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita. Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tidak ada mashlahatnya jika dipertajam dam justru mengoyak persatuan social kita,” terangnya.

Menurutnya, sampai sekarang tahap pemilihan presiden/wakil presiden serta anggota legislatif berjalan lancar. “Kelancaran itu juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” tandasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Menkominfo menyebutkan, tema yang diusung yaitu “Bangkit Untuk Bersatu” sangat relevan. “Kita bangkit untuk kembali menjalin persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI,” paparnya.

Pewarta: Sukardi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019