Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) kini berjangkit di Kabupaten Langkat, diharapkan Dinas Kesehatan setempat segera melakukan penyemprotan maupun juga sosialisasi untuk membunuh jentik nyamuk pembawa penyakit.

Seperti yang disampaikan salah seorang warga Desa Trans Telagah Jernih Kecamatan Secanggang Muriati, di Secanggang, Sabtu, menceritakan banyaknya warga di kawasan itu yang terserang penyakit DBD ini.

"Seperti yang dialami beberapa keluarga di Dusun H dampak DBD itu sangat dirasakan oleh warga," katanya.

Menurutnya di Dusunnya saja ada 10 keluarga yang terkena penyajkit DBD ini, belum lagi di dusun lainnya aseperti A,B,D, dan H, sambungnya.

Pihak warga setempat menduga awalnya sebelum bulan Ramadhan 1440 Hijriah ini tiba, ada oknum melakukan penyemprotan, untuk penyakit DBD ini, siapa rumahnya mau di semprot dengan membayar Rp 10.000, itu mungkin yang membuat nyamuk DBD menyebar, karena banyak warga menyatakan itu palsu. 

"Untuk itu warga berharap Dinas Kesehatan Langkat ataupun Puskemas Teluk, Puskesmas Secanggang, dapat segera terjun ke lokasi untuk segera memberikan pertolongan kepada warga, sebelum DBD semakin menyebar luas," pintanya.

Sebelumnya juga beberapa waktu yang lalu warga beberaap desa di Kecamatan Hinai juga diserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) ini, namun penanaganannya konon sudah dilakukan, kini Kecamatan Secanggang pula yang terjangkit, diharapkan Dinas Kesehatan Langkat bisa bergeral cepat menangani masalah kesehatan warga disana.
 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019