Manajemen PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre I Sumut, Minggu, meresmikan operasional KA Dolok Martimbang--kereta api yang melayani penumpang kelas bisnis di rute Medan - Siantar.

‌"Dengan dioperasikannya KA Dolok Martimbang, maka diharapkan penumpang di rute itu semakin terlayani maksimal," ujar Vice President PT KAI Divre I Sumut, Rusi Haryono di Medan, Minggu.

Baca juga: KAI Sumut operasikan KA Bisnis rute Medan-Siantar

‌Dia didampingi Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, M Ilud Siregar, mengatakan itu usai meresmikan operasional KA Dolok Martimbang yang.memiliki 320 tempat duduk.

‌Kebijakan mengoperasikan KA Bisnis Dolok Martimbang di rute‌ itu mengacu pada selalu banyaknya jumlah penumpang
KA Ekonomi Sireks (Siantar Ekspres ) khususnya di akhir pekan.

Pada hari Minggu, rata - rata jumlah penumpang KA Sireks dengan tiga rangkaian kereta api itu di atas 100 persen dari 318 kursi yang tersedia.

Rusi menjelaskan, KA Dolok Martimbang yang menggunakan rangkaian lima kereta itu berangkat dari Stasiun Medan, pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Siantar pukul 13.42 WIB.

Adapun dari Siantar berangkat 18.15 WIB dan tiba di Stasiun Medan pukul 21.49 WIB.

Tarif KAi Dolok Martimbang untuk tahap awal atau mulai 5 - 19 Mei 2019 sebesar Rp100.000 per orang.

Untuk selanjutnya, harga tiket itu ditetapkan sesuai tarif batas bawah dan tarif batas atas sebesar Rp105.000 (tarif dapat berubah sewaktu-waktu).

‌KA Dolok Martimbang yang melengkapi operasional KA Ekonomi Sireks itu beroperasi hanya di hari Minggu.

‌Selain untuk memenuhi kebutuhan penumpang Medan -Siantar, KA Dolok Martimbang itu diharapkan bisa mendorong pariwisata Sumut khususnya kawasan Danau Toba.

‌"Tahap awal ditargetkan tingkat isian penumpang KA Dolok Martimbang bisa mencapai 50 persen dari kapasitas 320 tempat duduk," katanya.

‌KA Dolok Martimbang yang menggunakan rangkaian lima kereta itu berangkat dari Stasiun Medan, pukul 09.30 WIB dan tiba di Stasiun Siantar pukul 13.42 WIB.

Adapun dari Siantar berangkat 18.15 WIB dan tiba di Stasiun Medan pukul 21.49 WIB.

Tarif KAi Dolok Martimbang, ujar Rusi untuk tahap awal atau.mulai 5 - 19 Mei 2019 sebesar Rp100.000 per orang.

Untuk selanjutnya, harga tiket itu ditetapkan sesuai tarif batas bawah dan tarif batas atas sebesar Rp105.000 (tarif dapat berubah sewaktu-waktu).


‌Kabid Perkeretaapian dan Pengembangan Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan mengapresiasi langkah manajemen KAI mengoperasikan KA Dolok Martimbang.

‌"KA Dolok Martimbang diharapkan bisa mendorong pariwisata Kota Pematangsiantar dan khususnya Danau Toba," katanya.

‌Dinas Perhubungan Sumut sendiri sedang mengevaluasi operasional Damri rute Stasiun Kereta Api Siantar dan Parapat, Danau Toba yang terhenti setelah diuji coba.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019