Harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Deliserdang sepekan menjelang masuknya Ramadhan relatif masih stabil menyusul lancarnya pasokan.

Burhan, salah seorang pedagang ikan di Pasar Tradisional Gambir Deliserdang, Senin, mengatakan harga ikan khususnya ikan laut masih relatif stabil dan kalaupun ada kenaikan hanya kisaran Rp1.000 sampai Rp2.000 saja per kilogram.

Misalnya harga ikan tongkol masih dijual Rp 35.000 per kg, dencis Rp27.000 per kg, gembung Rp30.000 per kg, cumi-cumi Rp70.000 per kg, udang Rp70 ribu per kg, dan ikan nila Rp30.000 per kg.

"Rata-rata memang masih harga lama karena memang pasokan ikan dari Belawan dan daerah lainnya masih lancar. Entah kalau nanti semakin dekat Ramadhan apakah pasokan lancar atau tidak," katanya.

Ia mengatakan, jika berkaca dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya, kalau menjelang Ramadhan bisanya harga ikan tidak terpengaruh dengan karena orang lebih banyak memilih ayam atau daging sapi untuk menu hari-hari pertama puasa.

"Kalau ayam dan daging biasanya naik harganya. Tapi kalau ikan biasanya tetap saja stabil kalau mau dekat puasa ini. Tapi itupun tergantung dari cuaca, kalau cuaca buruk biasanya nelayan tidak melaut dan tentunya berdampak pada berkurangnya pasokan ikan di pasaran dan juga tentunya berpengaruh pada harga," katanya.

Pengamat sosial Yose Rizal menyebutkan sudah menjadi kewajaran biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan harga-harga kebutuhan cenderung mengalami kenaikan karena tingginya permintaan.

"Untuk itu tentunya peran pemerintah sangat dibutuhkan dengan melakukan kontrol langsung ke lapangan agar jangan sampai ada pedagang terutama distributor memainkan harga karena permintaan yang tinggi," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019