Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara menargetkan 100 ribu kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional pada ajang even wisata bahari Sail Nias yang digelar mulai Juli hingga September 2019 di Kepulauan Nias.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Utara, Hidayati di Medan, Senin (1/4) , mengatakan, pihaknya melakukan sinergi dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk mendukung kegiatan Sail Nias Indonesia 2019 yang ada di Kepulauan Nias agar para pengunjung datang menyaksikannya.

"Karena ini akan mempromosikan potensi budaya dan potensi wisata yang ada di Sumatera Utara maupun ke seluruh dunia. Untuk itu ayo mari dukung kita bersama," katanya usai melakukan telekonferensi dengan Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly di kantor Kemenkumham Wilayah Sumut, Medan.

Ia menambahkan untuk strategi yang digunakan adalah beberapa hal yaitu pertama adalah dana yang dibutuhkan untuk rangkaian kegiatan acara di sejumlah tempat.

Pemerintah provinsi Sumatera Utara dan semua Kabupaten serta kota yang ada di Kepulauan Nias sudah menganggarkan beberapa hal yang sesuai dengan kemampuan masing-masing daerahnya untuk beberapa event yang saat ini masih dibahas.

"Kami akan mengalokasikan dukungan dalam bentuk souvenir dan juga nanti adanya kegiatan 1000 tenda-tenda dan juga kegiatan untuk seminar kebudayaan yang ada di Gunungsitoli," katanya.

Baca juga: Sail Nias 2019 akan percepat pembangunan di Kepulauan Nias
Baca juga: Sail Nias 2019 peluang Nias promosikan destinasi wisata kelas dunia

Sementara itu, Bupati Nias Selatan Hilarius Duha mengatakan pihaknya mengapresiasi atas ditunjuknya Kepulauan Nias sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019.

Agar even nasional tersebut berjalan sukses nantinya, pihaknya mengajak semua masyarakat Nias di Kepulauan Nias dan masyarakat seluruh Indonesia mendukung kegiatan tersebut.

"Mari kita doakan kegiatan Sail Nias sukses dan menjadi harapan kita kedepan bahwa ini adalah sebagai batu loncatan dalam upaya memajukan pariwisata kita di Indonesia khususnya di Sumatera Utara dan Nias. Sail Nias 2019 berlangsung mulai Juli sampai kegiatan puncak pada 10 - 14 September 2019," katanya.

Baca juga: Nias tuan rumah Sail Indonesia 2019

Sebelumnya pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatera Utara, sebagai tuan rumah Sail Indonesia 2019.

Sail Indonesia sendiri merupakan ajang tahunan wisata bahari yang telah diselenggarakan sejak 2009. 

Daerah terakhir yang menjadi tuan rumah penyelenggara Sail Indonesia ini adalah Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September 2018 yaitu Sail Moyo Tambora.

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019