Warga Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tepatnyq di Dusun IV Alur Hitam saat ini sudah bisa menikmati air bersih dari program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas). 

"Kami merasa berterima kasih dengan adanya program Pamsimas ini," kata salah satu tokoh masyarakat, Rizal Nasution, di Securai Selatan, Jumat.

Program air bersih itu benar-benar memberikan dampak positif buat masyarakat setempat, yang  selama ini susah memenuhi kebutuhan untuk air minum, mandi dan cuci

"Terdapat 70 kepala keluarga di Dusun Alur Hitam Desa Securai Selatan ini yang menikmati air bersih dari program ini diharapkan nantinya akan menyusul ke dusun lainnya," sambungnya.

Ia juga menyampaikan cukup lama warga di sana berharap bisa menikmati air bersih, ternyata baru sekarang terwujud melalui program Pamsimas yang ternyata sangat memberikan dampak positip buat warga, apalagi daerah ini juga termasuk daerah stunting.

Baca juga: Panen padi petani di Langkat ditargetkan 87.350 hektare

Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) Program Pamsimas Langkat Sutrisuanto menyampaikan sekarang ini terdapat lima desa yang sudah selesai program Pamsimasnya dan sudah diserahterimakan.

Di antaranya desa Kebun Kepala Kecamatan Secanggang, Desa Securai Selatan Kecamatan Babalan, Desa Suka Maju Kecamatan Tanjungpura, Desa Tebing Tanjung Selamat Kecamatan Padang Tualang dan Desa Sematar Kecamatan Bahorok.

Sementara itu, untuk tahun 2019 ini terdapat 10 desa yang mengikuti program Pamsimas yakni Desa Tanjung Putus Kecamatan Padang Tualang, Desa Bubun, Desa Pematang Cengal Barat Kecamatan Tanjungpura, Desa Mekar Sawit, Desa Simpang 3 Kecamatan Sawit Seberang.

Selain itu Desa Nambiki Kecamatan Selesai, Desa Teluk, Desa Kepala Sungai Kecamatan Secanggang, Desa Baja Kuning Kecamatan Tanjungpura dan Desa Sawit Hulu Kecamatan Sawit Seberang, ujarnya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019