Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbantan) Medan salah satu dari sekian universitas yang mendorong penuh mahasiswanya agar menjadi wirausaha muda atau entrepeneur.

"Kalau ingin mau menjadi pengusaha silahkan saja berkuliah di Polbangtan," kata Direktur Polbangtan Medan Yuliana Kansrini di Medan, Rabu.

Sistem pembelajaran Polbangtan Medan lebih didominasi praktik atau sekitar 60 persen lebih dibanding teori.

"Selain itu sering mengundang nara sumber yang kapabel di bidangnya untuk memberikan materi kuliah umum kepada mahasiswa," katanya.

Seperti baru-baru saja Polbangtan Medan mengundang pemateri Andre Ariza, enterpreneur sukses (ekspor) perkopian hingga ke luar negeri.

"Tujuan kita untuk memotivasi dan mendorong agar mahasiswa dapat meniru jejak suksesnya Andre hingga menjadi pengusaha muda seperti sekarang ini," kata Yuliana.

Apalagi selama ini mahasiswa Polbangtan Medan sudah banyak belajar dari pengalaman Andre yang sukses berusaha dari hobinya minum kopi.

Dalam kuliah umum Andre bercerita suka duka awal ia membuka usaha hingga harus resign dari pekerjaannya yang penuh dengan tantangan namun harus di lewati, hingga sukses seperti sekarang ini.

"Kerja keras dan belajar salah satu kunci sukses keberhasilannya, untuk menunjang usaha kopinya dia kerap mengikuti pelatihan kopi dari hulu hingga ke hilir," ungkapnya.

Selain itu aktif  aktif mengikuti kontes kopi sebagai barista hingga keluar negeri. "Memulai bisnis apalagi kopi jangan takut gagal, karena Indonesia saat ini baru melek kopi dan juga dunia masih membutuhkan kopi," katanya memotivasi.

Hanya saja dalam memulai bisnis yang perlu diingat, pesan Andre, menjaga kualitas produk yang dihasilkan demi memperoleh kepercayaan dari pelanggan.

Sementara Wakil Direktur 1 Polbangtan Medan Nurliana Harahap, SP, MSi juga berharap tampilnya Andre Ariza sebagai nara sumber menjadi penyemangat bagi mahasiswa untuk berwirausaha secara mandiri.

"Minimal ilmu yang didapat di Polbangtan Medan menjadi modal mahasiswa menjadi usahawan serta dapat menciptakan lapangan kerja," tambahnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019