Dua anak buah kapal (ABK) KM Formosa 12 yang sempat dikabarkan hilang ditemukan selamat oleh nelayan setempat di perairan Pulau Masin, Kabupaten Nias Selatan, Rabu, (6/3), sekira pukul 11.30 WIB.

Dengan ditemukannya kedua ABK tersebut, maka seluruh 19 ABK KM Formosa 12 yang karam akibat dihantam ombak besar di Kepulauan Nias, Senin (4/3), semuanya selamat.

Penemuan dua ABK ini dibenarkan Danlanal Nias, Letkol Laut (P) Dian Poernomo Sidhi melalui pesan singkat, Rabu siang.

“Benar dua ABK KM Formosa ditemukan selamat oleh nelayan lokal Pulau Masin dan dibawa ke Labuhan Rima. Saat ini mereka sudah berkumpul dengan 17 ABK lainnya,” kata Danlanal.

Menurut Danlanal, ke-19 ABK yang selamat itu dipandu Danposmat Pulau Tello, Kapolsek Pulau Tello, Koramil 13 dan Polairud Pulau Tello untuk sandar di Pelabuhan Umum Pulau Tello.

Sementara Koordinator Pos Sar Nias, Tonggor Gultom mengungkapkan, setelah tiba di Pelabuhan Tello, para ABK yang selamat itu langsung didata ulang oleh petugas.

Direncananakan mereka akan dibawa ke Sibolga dengan Kapal Yudistira milik Basarnas.

Sebelumnya, sebanyak 17 ABK KM Formosa 12 berhasil selamat setelah ditolong oleh nelayan kapal pancing dari Gunung Sitoli pada Selasa (5/3),  sekira pukul 16.30 WIB.

Mereka ditemukan terapung di Perairan Labuan Rima, Kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan.

Sedangkan dua ABK lagi ditemukan selamat oleh nelayan di perairan Pulau Masin, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (6/4) sekira pukul 11.30 WIB.

Sementara itu pihak keluarga ABK yang ada di Sibolga dan juga di Hajoran, Pandan Tapanuli Tengah, tidak henti-hentinya mengucap syukur atas keselamatan anggota keluarganya.

Terkhusus istri nakhoda, Siswi Darni Jawa yang sangat yakin bahwa suaminya Sumaidi Situmeang selamat bersama ABK lainnya.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019